PENGARUH APLIKASI COMPOST TEA YANG MENGANDUNG Beauveria bassiana (Bals.) Vuill. TERHADAP KEANEKARAGAMAN ARTHROPODA, PERTUMBUHAN, DAN PRODUKSI TANAMAN PADI (Oryza sativa L.)

UMI SHOLIKHATIN, 1214121222 (2019) PENGARUH APLIKASI COMPOST TEA YANG MENGANDUNG Beauveria bassiana (Bals.) Vuill. TERHADAP KEANEKARAGAMAN ARTHROPODA, PERTUMBUHAN, DAN PRODUKSI TANAMAN PADI (Oryza sativa L.). FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (89Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1637Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1474Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh Beauveria bassiana yang terkandung dalam compost tea terhadap keanekaragaman arthropoda pada tanaman padi dan pengaruh compost tea yang mengandung Beauveria bassiana untuk meningkatkan pertumbuhan dan produksi tanaman padi. Penelitian ini dilakukan di Dusun Sumber Sari Desa Hajimena Kecamatan Natar, Lampung Selatan, dan analisis laboratorium dilakukan di Rumah Kaca dan Laboratorium Proteksi Tanaman Fakultas Pertanian Universitas Lampung dari bulan Mei�September 2016. Perlakuan disusun dalam Rancangan Acak Kelompok (RAK) terdiri dari 5 perlakuan, setiap kombinasi perlakuan diulang 4 kali. Penelitian ini dilakukan pada lahan sawah yang terdiri dari 3 plot. Data dianalisis dengan sidik ragam dan perbedaan nilai tengah perlakuan diuji Beda Nyata Terkecil (BNT) pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan compost tea dan Beauveria bassiana pada tanaman padi berpengaruh nyata meningkatkan tinggi tanaman, Umi Sholikhatin kehijauan daun dan bobot berangkasan, sedangkan jumlah arthropoda tidak berbeda nyata. Jenis arthropoda yang paling banyak ditemukan adalah ordo Diptera, family Phoridae dan Drosophilidae. Pada tanaman timun tampak bahwa perlakuan berpengaruh nyata meningkatkan semua variabel pengamatan kecuali pada variabel pengamatan panjang akar. Kata kunci: arthropoda, Beauveria bassiana, compost tea, mentimun, padi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian > Prodi Agroteknologi
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 30 Mar 2022 02:09
Terakhir diubah: 30 Mar 2022 02:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/56508

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir