GAYA BAHASA PADA KUMPULAN PUISI PERAHU KERTAS KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO DAN RANCANGAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)

Siti Nurhamidah, 1513041005 (2019) GAYA BAHASA PADA KUMPULAN PUISI PERAHU KERTAS KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO DAN RANCANGAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA). Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1134Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1135Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan gaya bahasa retoris dan gaya bahasa kiasan yang terdapat pada kumpulan puisi Perahu Kertas karya Sapardi Djoko Damono dan rancangan pembelajaran di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dan memilih puisi-puisi yang terdapat pada kumpulan puisi Perahu Kertas karya Sapardi Djoko Damono sebagai sumber data. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah gaya bahasa retoris yang berupa fonem, kata, frasa dan klausa serta gaya bahasa kiasan dari setiap puisi yang terdapat pada kumpulan puisi Perahu Kertas karya Sapardi Djoko Damono. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kumpulan puisi Perahu Kertas karya Sapardi Djoko Damono penyair menggunakan beberapa gaya bahasa retoris, yaitu aliterasi, asonansi, elipsis, asindeton, polisindeton, dan hiperbol, serta menggunakan beberapa gaya bahasa kiasan, yaitu parabel, dan personifikasi. ii Penggunaan gaya bahasa retoris pada kumpulan puisi Perahu Kertas karya Sapardi Djoko Damono merupakan suatu usaha penyair untuk memunculkan suasana tertentu dalam setiap puisinya, yaitu sedih, haru, bahagia, kagum, hening dan dengan sengaja digunakan agar pembaca turut merasakan apa yang dirasakan oleh penyair melalui puisi. Selain itu, penggunaan gaya bahasa kiasan pada kumpulan puisi Perahu Kertas karya Sapardi Djoko Damono digunakan penyair untuk membandingkan makna puisi terhadap sesuatu hal lain. Hasil penelitian ini dapat dirancang pembelajarannya sebagai alternatif bahan ajar di Sekolah Menengah Atas (SMA), khususnya kelas X semester genap dengan kompetensi dasar 3.17 Menganalisis unsur pembangun puisi. Tujuan pembelajaran siswa yaitu mampu memahami ragam gaya bahasa retoris dan gaya bahasa kiasan yang terdapat pada puisi. Kata kunci: gaya bahasa retoris, gaya bahasa kiasan, kumpulan puisi, rancangan pembelajaran.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: UPT . Dito Nipati
Date Deposited: 30 Mar 2022 02:20
Terakhir diubah: 30 Mar 2022 02:20
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/56520

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir