Siti Nurohita , 1413041070 (2019) IMAJI ALAM DALAM KUMPULAN PUISI MELIPAT JARAK KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO DAN RANCANGAN PEMBELAJARANNYA DI SMA. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (897Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (596Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan imaji alam yang terdapat pada kumpulan puisi Melipat Jarak karya Sapardi Djoko Damono dan rancangan pembelajarannya di SMA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan imaji alam yang terdapat pada kumpulanpuisi Melipat Jarak karya Sapardi Djoko Damono dan merancang pembelajarannya di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dan menjadikan puisi-puisi Melipat Jarak karya Sapardi Djoko Damono sebagai sumber data. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah jenis imaji dan penggunaan unsur alam sebagai objek imaji dari setiap puisi Melipat Jarak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kumpulan puisi Melipat Jarak karya Sapardi Djoko Damono penyair menggunakan enam jenis imaji, yaitu visual, auditori, penciuman, rasaan/pencecapan, taktil, dan kinestetik. Penggunaan imaji pada kumpulan puisi Melipat Jarak karya Sapardi Djoko Damono merupakan suatu usaha penyair untuk memunculkan daya bayang penglihatan, pendengaran, rasaan/pencecapan, penciuman, rabaan dan dengan sengaja digunakan agar pembaca turut merasakan apa yang dirasakan oleh penyair melalui puisi. Unsur alam yang digunakan sebagai objek imaji dalam kumpulan puisi Melipat Jarak terbagi atas empat kategori, yaitu kategori fenomena alam,kategori flora, kategori abiotik, dan kategori fauna. Semua penggunaan kategori alam tersebut dimanfaatkan penyair sebagai objek untuk menimbulkan imaji dan tiap unsur alamnya cenderung menunjukkan kesan terhadap peristiwa, tempat, benda, suasana yang menunjukkan interaksi di sekitar penyair atau sebagai sebuah simbol yang melambangkan sesuatu. Hasil penelitian ini dapat dirancang pembelajarannya sebagai alternatif pembelajaran sastra di Sekolah Menengah Atas (SMA), khususnya kelas X semester genap dengan kompetensi dasar menganalisis unsur pembangun puisi dan tujuan pembelajaran siswa mampu menganalisis imaji yang terdapat pada puisi. Kata kunci: imaji, kumpulan puisi, rancangan pembelajaran.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 400 Bahasa |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | UPT . Dito Nipati |
Date Deposited: | 30 Mar 2022 02:19 |
Terakhir diubah: | 30 Mar 2022 02:19 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/56523 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |