PENGARUH DOSIS BAHAN ORGANIK CAMPURAN LIMBAH PADAT INDUSTRI MSG DENGAN KASCING YANG DIPERKAYA DENGAN DOLOMIT TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN PAKCOY (Brassica rapa L.)

YOSSIE LINAWATI, 1214121235 (2019) PENGARUH DOSIS BAHAN ORGANIK CAMPURAN LIMBAH PADAT INDUSTRI MSG DENGAN KASCING YANG DIPERKAYA DENGAN DOLOMIT TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN PAKCOY (Brassica rapa L.). FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2817Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2452Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pakcoy merupakan tanaman sayuran hortikultura yang dikonsumsi dalam bentuk segar. Permintaan tanaman pakcoy yang semakin meningkat tidak diimbangi dengan peningkatan produksinya yang cenderung tidak stabil. Oleh sebab itu, usaha untuk meningkatkan produksi tanaman pakcoy yaitu dengan memperbaiki pertumbuhan dan produksi tanaman pakcoy. Perbaikan kualitas tanaman pakcoy dapat dilakukan dengan pemberian unsur hara yang cukup melalui pemupukandengan menggunakan campuran bahan organik campuran limbah padat industri MSG dengan kascing yang diperkaya dengan dolomit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kombinasi dosis terbaik antara pemberian bahan organik campuran limbah padat industri MSG dengan kascing yang diperkaya dengan dolomit pada pertumbuhan tanaman pakcoy (Brassica rapa L.). Yossie Linawati Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan lima perlakuan diulang sebanyak 6 kali sehingga didapat 30 satuan percobaan. Perlakuan yang digunakan yaitu tanpa pemberian bahan organik (P0), bahan organik dengan dosis 7,5 ton/ha (P1), bahan organik dengan dosis 15 ton/ha (P2), bahan organik dengan dosis 22,5 ton/ha (P3), dan bahan organik dengan dosis 30 ton/ha (P4). Homogenitas ragam antar perlakuan diuji dengan menggunakan uji Barlet dan aditifitas data diuji dengan uji Tukey. Apabila asumsi tersebut terpenuhi, selanjutnya, data yang telah diperoleh akan diolah dengan analisis ragam dan perbedaan nilai tengah akan diuji dengan polinomial orthogonal. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dosis terbaik bahan organik campuran 40% kascing + 40% limbah padat industri MSG + 10% dolomit + 10% bubuk batuan fosfat yaitu pada dosis 7,5 ton/ha yang berpengaruh terhadap tinggi tanaman, panjang tangkai, lebar daun, jumlah daun, lingkar bonggol, bobot segar tanaman dan bobot kering akar tanaman. Pada variabel bobot segar tanaman menghasilkan bobot segar rata-rata sebesar 118,56 gram. Kata Kunci : Dolomit, Kascing, Limbah Padat Industri MSG, Pakcoy

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Agroteknologi
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 30 Mar 2022 02:18
Terakhir diubah: 30 Mar 2022 02:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/56526

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir