ANALISIS TARIF TOL TERBANGGI BESAR - PEMATANG PANGGANG BERDASARKAN KEMAUAN MEMBAYAR DAN KEMAMPUAN MEMBAYAR MASYARAKAT

LIZA ROSALITA, 1415011085 (2019) ANALISIS TARIF TOL TERBANGGI BESAR - PEMATANG PANGGANG BERDASARKAN KEMAUAN MEMBAYAR DAN KEMAMPUAN MEMBAYAR MASYARAKAT. FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (837Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (640Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Transportasi merupakan suatu sarana yang sangat penting dalam membantu roda perekonomian, suatu daerah tidak dapat berdiri sendiri secara total dalam memenuhi kebutuhan daerahnya sendiri, sehingga daerah tersebut membutuhkan daerah lain sebagai pendukung dimana salah satu prasarana penghubungnya berupa jalan tol. Jalan Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang merupakan salah satu dari 8 ruas proyek Jalan Tol Trans Sumatera yang sudah mulai memasuki tahap konstruksi pada tahun 2017 yang rencananya akan dioperasikan pada tahun 2021. Penelitian ini dilakukan dikarenakan jalan tol tersebut belum beroperasi dan belum memiliki tarif tol, maka penelitian ini ditujukan sebagai rujukan penentuan tarif tol tersebut saat akan dioperasikan. Objek yang diteliti sebanyak 82 responden dari syarat minimum 70 responden calon pengguna Jalan Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner dan wawancara langsung yang meliputi karakteristik sosial ekonomi dan perjalanan responden. Analisis tarif yang dilakukan adalah berdasarkan pendekatan Ability to Pay (ATP) dan Willigness to Pay (WTP) . Hasil studi dapat diketahui dari survei karakteristik sosial ekonomi dan perjalanan dari calon pengguna Jalan Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang yang dilakukan dengan penyebaran kuesioner terkait karakteristik sosial ekonomi dan perjalanan calon pengguna jalan tol. Nilai ATP rata-rata yang didapatkan sebesar Rp 131.638,00/ 100 km dan nilai WTP rata-rata yang didapatkan sebesar Rp 40.989,00/100 km. Nilai ATP responden > nilai WTP yang menunjukkan bahwa kemampuan membayar responden lebih besar dari kemauan membayar karena pengguna mempunyai penghasilan yang relatif tinggi tetapi utilitas terhadap jasa tersebut relatif rendah. Sedangkan penentuan tarif ideal didasarkan pada rata-rata nilai ATP dan WTP. Berdasarkan perhitungan, maka didapatkan harga tarif Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang sebesar Rp 86.314,00/100 km atau Rp 863/km untuk kendaraan golongan 1. Kata Kunci : Jalan Tol, ATP, WTP, tarif, Terbanggi Besar – Pematang Panggang. Transportation is a very important aspect to stimulate the economy, a region cannot be totally independent in meeting its own regional needs, so that the area needs other regions as a support where one of the connecting infrastructure is a toll road. The Terbanggi Besar - Pematang Panggang Toll Road is one of the 8 Trans Sumatra toll road projects that have entered the construction phase in 2017 which are planned to be operated in 2021. This research is conducted because the toll road is not operating yet and does not have toll tariffs, hence this research is intended as a reference for determining the toll tariff when it will be operated. The object studied was 82 respondents from the minimum requirement of 70 respondents who were prospective users of the Terbanggi Besar – Pematang Panggang toll roads. Data collection is done by distributing questionnaires and direct interviews covering the socio-economic characteristics and respondents' travel. The tariff analysis carried out is based on the Ability to Pay (ATP) and Willigness to Pay (WTP) approach. The results of the study can be seen from a survey of the socio-economic and travel characteristics of prospective users of the Terbanggi Besar - Pematang Panggang Toll Road conducted by distributing questionnaires related to the socio-economic characteristics and travel of prospective toll road users. The average ATP value obtained is Rp 131,638.00 / 100 km and the average WTP value obtained is Rp. 40,989.00 / 100 km. Respondent's ATP value > WTP value indicates that the ability to pay respondents is greater than willingness to pay because users have relatively high income but the utility of these services is relatively low. While the determination of ideal rates is based on the average value of ATP and WTP. Based on calculations, the price of the Terbanggi Besar - Pematang Panggang toll roads tariff is Rp. 86,314.00 / 100 km. Keywords : toll road, ATP, WTP, tariff, Terbanggi Besar – Pematang Panggang.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
700 Seni, seni rupa, kesenian > 720 Arsitektur
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Sipil
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 30 Mar 2022 02:17
Terakhir diubah: 30 Mar 2022 02:17
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/56529

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir