GAYA BAHASA RETORIS DALAM NOVEL REMBULAN TENGGELAM DI WAJAHMU KARYA TERE LIYE DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA INDONESIA DI SMA

Veppi Septira, 1413041076 (2019) GAYA BAHASA RETORIS DALAM NOVEL REMBULAN TENGGELAM DI WAJAHMU KARYA TERE LIYE DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA INDONESIA DI SMA. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (95Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2057Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1558Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini bagaimanakah gaya bahasa retoris dalam novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu dan kelayakannya sebagai bahan ajar sastra di SMA. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan gaya bahasa retoris dalam novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu dan kelayakannya sebagai bahan ajar sastra di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dan memilih kutipan-kutipan pada novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu karya Tere Liye sebagai sumber data. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah gaya bahasa retoris yang berupa fonem, kata, frasa dan klausa dari setiap kutipan yang terdapat pada novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu karya Tere Liye. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu karya Tere Liye, penulis menggunakan beberapa gaya bahasa retoris, yaitu repetisi, aliterasi, asonansi, anostrof, apofasus, apostrof, asidenton, polisidenton, kiasmus, elipsis, eufemismus, litotes, histeron, pleonasme, perifrasis, prolepsis, erotesis, dan hiperbola.. Novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu layak dijadikan sebagai bahan ajar sastra karena sudah memenuhi criteria dalam pemilihan bahan ajar berdasarkan aspek bahasa, kematangan jiwa (psikologi) dan latar belakang budaya. Kata kunci: gaya bahasa retoris, novel, dan bahan ajar.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: UPT . Dito Nipati
Date Deposited: 30 Mar 2022 04:53
Terakhir diubah: 30 Mar 2022 04:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/56533

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir