Yuni Marlina , 1513041043 (2019) PERSPEKTIF WARTAWAN DAN GURU BAHASA INDONESIA TERHADAP PENGGUNAAN PARAGRAF PADA TEKS BERITA UNGGAHAN LINE TODAY EDISI 1─10 APRIL 2018 DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP KELAS VIII. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1514Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1240Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Permasalahan dalam penelitian ialah bagaimana perspektif wartawan dan guru bahasa Indonesia terhadap penggunaan paragraf pada teks berita unggahan Line Today edisi 1─10 April 2018 dan implikasinya pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMP. Tujuan penelitian ialah mendeskripsikan perspektif wartawan dan guru bahasa Indonesia terhadap penggunaan paragraf pada teks berita unggahan Line Today edisi 1─10 April 2018 dan implikasinya pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Metode yang digunakan ialah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan ialah teknik analisis teks. Hasil penelitian ini mendeskripsikan perspektif wartawan dan guru bahasa Indonesia berdasarkan tiga aspek, yaitu (1) teks berita; (2) paragraf teks berita; dan (3) respon wartawan dan guru bahasa Indonesia terhadap penggunaan paragraf pada teks berita unggahan Line Today. Perspektif yang dimaksud yaitu mendeskripsikan sudut pandang seorang wartawan dan guru bahasa Indonesia mengenai suatu objek, yakni teks berita unggahan Line Today. Hasil penelitian ini menunjukkan persamaan dan perbedaan antara wartawan dan guru bahasa Indonesia dalam menanggapi penggunaan paragraf teks berita unggahan Line Today. Persamaan yang diungkapkan yakni tentang teks berita merupakan laporan peristiwa atau kejadian yang ditulis dan dimuat dalam media massa. Pandangan berbeda yang diungkapkan yaitu berkaitan dengan paragraf teks berita dan respon terhadap penggunaan paragraf teks berita. Hasil penelitian dapat diimplikasikan sebagai alternatif sumber belajar guru dan siswa dalam pembelajaran teks berita kelas VIII pada pasangan kompetensi dasar 3.2 dan 4.2 tentang teks berita berdasarkan kurikulum 2013 pelajaran Bahasa Indonesia edisi revisi 2017. Kata Kunci : perspektif, paragraf, Line Today
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 400 Bahasa |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | UPT . Dito Nipati |
Date Deposited: | 30 Mar 2022 04:53 |
Terakhir diubah: | 30 Mar 2022 04:53 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/56537 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |