PERSPEKTIF WARTAWAN DAN GURU BAHASA INDONESIA TERHADAP PENGGUNAAN PARAGRAF PADA TEKS BERITA UNGGAHAN LINE TODAY EDISI 1─10 APRIL 2018 DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP KELAS VIII

Yuni Marlina , 1513041043 (2019) PERSPEKTIF WARTAWAN DAN GURU BAHASA INDONESIA TERHADAP PENGGUNAAN PARAGRAF PADA TEKS BERITA UNGGAHAN LINE TODAY EDISI 1─10 APRIL 2018 DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP KELAS VIII. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1514Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1240Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Permasalahan dalam penelitian ialah bagaimana perspektif wartawan dan guru bahasa Indonesia terhadap penggunaan paragraf pada teks berita unggahan Line Today edisi 1─10 April 2018 dan implikasinya pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMP. Tujuan penelitian ialah mendeskripsikan perspektif wartawan dan guru bahasa Indonesia terhadap penggunaan paragraf pada teks berita unggahan Line Today edisi 1─10 April 2018 dan implikasinya pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Metode yang digunakan ialah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan ialah teknik analisis teks. Hasil penelitian ini mendeskripsikan perspektif wartawan dan guru bahasa Indonesia berdasarkan tiga aspek, yaitu (1) teks berita; (2) paragraf teks berita; dan (3) respon wartawan dan guru bahasa Indonesia terhadap penggunaan paragraf pada teks berita unggahan Line Today. Perspektif yang dimaksud yaitu mendeskripsikan sudut pandang seorang wartawan dan guru bahasa Indonesia mengenai suatu objek, yakni teks berita unggahan Line Today. Hasil penelitian ini menunjukkan persamaan dan perbedaan antara wartawan dan guru bahasa Indonesia dalam menanggapi penggunaan paragraf teks berita unggahan Line Today. Persamaan yang diungkapkan yakni tentang teks berita merupakan laporan peristiwa atau kejadian yang ditulis dan dimuat dalam media massa. Pandangan berbeda yang diungkapkan yaitu berkaitan dengan paragraf teks berita dan respon terhadap penggunaan paragraf teks berita. Hasil penelitian dapat diimplikasikan sebagai alternatif sumber belajar guru dan siswa dalam pembelajaran teks berita kelas VIII pada pasangan kompetensi dasar 3.2 dan 4.2 tentang teks berita berdasarkan kurikulum 2013 pelajaran Bahasa Indonesia edisi revisi 2017. Kata Kunci : perspektif, paragraf, Line Today

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: UPT . Dito Nipati
Date Deposited: 30 Mar 2022 04:53
Terakhir diubah: 30 Mar 2022 04:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/56537

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir