EVALUASI KEBUTUHAN DAN KINERJA PELAYANAN PARKIR DAN SISTEM ANTRIAN PADA PUSAT PERBELANJAAN DI BANDAR LAMPUNG (Studi Kasus: Areal Parkir Transmart Carrefour Bandar Lampung)

ARYA NUGRAHA, 1215011015 (2019) EVALUASI KEBUTUHAN DAN KINERJA PELAYANAN PARKIR DAN SISTEM ANTRIAN PADA PUSAT PERBELANJAAN DI BANDAR LAMPUNG (Studi Kasus: Areal Parkir Transmart Carrefour Bandar Lampung). Fakultas Teknik, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2211Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2212Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja sistem antrian dan kebutuhan parkir di Mal Transmart Carefour Bandar Lampung. Dengan berbagai macam fasilitas yang terdapat di Mal Transmart Carefour, maka akan mempengaruhi jumlah pelanggan ataupun jumlah pengunjung yang datang. Survei dilakukan selama 1 hari dan pengamatan dilakukan selama 10 jam yaitu pukul 10.00-20.00. Penelitian yang dilakukan di Mal Transmart Carefour ini meliputi survei mencatat jumlah kendaraan mobil, mencatat nomor polisi kendaraan dan survei waktu pelayanan kendaraan mobil yang masuk dan keluar dari lokasi penelitian. Dari hasil penelitian kebutuhan parkir diperoleh akumulasi terpadat pada hari Sabtu pukul 15.01-15.30 yaitu 162 kendaraan. Satuan ruang parkir mobil saat ini adalah 300 petak. Dengan akumulasi dan jumlah ruang parkir tersebut, maka petak parkir tersedia tidak mencukupi dalam nilai standar akan tetapi kenyataan pada di lapangan SRP tersebut masih bias menampung pengguna yang datang. Tingkat kedatangan rata-rata tertinggi pada pintu masuk adalah 16 kendaraan/jam dengan waktu pelayanan 15,6 detik/kendaraan. Dengan demikian masih banyak kebebasan pada gerbang parkir, dengan nilai probabilitas pintu gerbang menganggur sebesar 0,366, dengan demikian gerbang parkir tidak terlalu sibuk. Kata Kunci : Akumulasi Parkir, Satuan Ruang Parkir, Tingkat Kedatangan, Waktu Pelayanan The purpose of this research is to analyze the performance of the queuing system and parking needs at Bandar Lampung Mall Transmart Carefour. With various kinds of facilities available at Transmart Carrefour Mall, it can affect the number of visitors or the number of customers who come. The survey was conducted for 1 day and the observations were carried out for 10 hours at 10:00 to 20:00 WIB. This research was conducted in the parking area of the Transmart Carefour Mall and this survey included recording the number of vehicles, recording the number of vehicle police and the service time of vehicles entering and leaving the study site. The results of research on parking needs obtained the highest accumulation occurred on Saturday at 15.01-15.30 WIB namely 162 vehicles. The unit of car parking space (SRP) currently is 300 slots. With the accumulation and number of parking spaces, the available parking lots are not enough in the standard value but what happens in the field, the SRP can still accommodate customers who come. The highest average arrival rate at the entrance is 16 vehicles/hour with a service time of 15.6 seconds/vehicle. Thus there is still a lot of freedom in the parking gate, with the gate idle probability value of 0.366, so the parking gate is not too busy. Keywords: Parking Accumulation, Parking Space Unit, Arrival Rate, Service Time

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan)
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Sipil
Pengguna Deposit: UPT . Digilib6
Date Deposited: 30 Mar 2022 03:49
Terakhir diubah: 30 Mar 2022 03:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/56740

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir