Asma’ul Latifah, 1415011026 (2019) KAJIAN REKAYASA LALU-LINTAS PASCA DIBANGUNNYA FLY OVER KEMILING, BANDAR LAMPUNG. Fakultas Teknik, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1688Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1689Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Kemacetan sudah menjadi parmasalahan yang biasa dihadapi oleh masyarakat. Kemacetan ini disebabkan oleh beberapa hal seperti keadaan jalan yang kurang baik dan volume ruas jalan yang kurang. Persimpangan jalan Pramuka–Cik Ditiro adalah salah satu daerah rawan macet di Bandar Lampung. Dimana persimpangan ini merupakan pertemuan kendaraan dari arah Jl. Cik Ditiro menuju Jl. Pramuka. Salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk mengurangi kemacetan adalah dengan membangun fly over yang diharapkan mampu mengurangi kemacetan sehingga berdampak baik dalam ekonomi, sosial dan lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konflik lalu lintas serta besarnya tundaan perjalanan yang terjadi di sekitar fly over Kemiling. Penelitian ini menggunakan metode gap acceptance dan follow-up untuk menghitung antrian kendaraan yang memutar di u-turn. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan melakukan rekaman video untuk nantinya akan diamati oleh peneliti. Durasi rekaman yang dilakukan adalah sebanyak 4 kali dengan durasi 1,5 jam untuk sekali rekaman yaitu pagi dan sore selama 2 hari yaitu hari senin dan sabtu. Berdasarkan analisa data yang usdah dilakukan, setelah dibangunnya fly over ternyata masih ada beberapa konflik kemacetan di beberapa titik pada jam sibuk, yaitu pagi dan sore saat berangkat dan pulang kerja atau sekolah. Data yang didapat yaitu tundaan pada u-turn di depan fly over yaitu sebesar 8,42 detik untuk rata-rata waktu gap dan 5,13 detik untuk rata-rata waktu follow-up dengan jumlah kendaraan yang melintas sebanyak 274 kendaraan. Untuk itu direncanakan sebuah bundaran dengan diameter 45 m, lebar bahu jalan 1,5 m, lebar jalur lingkar 4,8 m dan kecepatan rencana 35 km/jam. Kata kunci : Jalan Layang, Putar Arah, Follow-Up, Gap Acceptance, Bundaran Kemacetan sudah menjadi parmasalahan yang biasa dihadapi oleh masyarakat. Kemacetan ini disebabkan oleh beberapa hal seperti keadaan jalan yang kurang baik dan volume ruas jalan yang kurang. Persimpangan jalan Pramuka–Cik Ditiro adalah salah satu daerah rawan macet di Bandar Lampung. Dimana persimpangan ini merupakan pertemuan kendaraan dari arah Jl. Cik Ditiro menuju Jl. Pramuka. Salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk mengurangi kemacetan adalah dengan membangun fly over yang diharapkan mampu mengurangi kemacetan sehingga berdampak baik dalam ekonomi, sosial dan lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konflik lalu lintas serta besarnya tundaan perjalanan yang terjadi di sekitar fly over Kemiling. Penelitian ini menggunakan metode gap acceptance dan follow-up untuk menghitung antrian kendaraan yang memutar di u-turn. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan melakukan rekaman video untuk nantinya akan diamati oleh peneliti. Durasi rekaman yang dilakukan adalah sebanyak 4 kali dengan durasi 1,5 jam untuk sekali rekaman yaitu pagi dan sore selama 2 hari yaitu hari senin dan sabtu. Berdasarkan analisa data yang usdah dilakukan, setelah dibangunnya fly over ternyata masih ada beberapa konflik kemacetan di beberapa titik pada jam sibuk, yaitu pagi dan sore saat berangkat dan pulang kerja atau sekolah. Data yang didapat yaitu tundaan pada u-turn di depan fly over yaitu sebesar 8,42 detik untuk rata-rata waktu gap dan 5,13 detik untuk rata-rata waktu follow-up dengan jumlah kendaraan yang melintas sebanyak 274 kendaraan. Untuk itu direncanakan sebuah bundaran dengan diameter 45 m, lebar bahu jalan 1,5 m, lebar jalur lingkar 4,8 m dan kecepatan rencana 35 km/jam. Kata kunci : Jalan Layang, Putar Arah, Follow-Up, Gap Acceptance, Bundaran
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 600 Teknologi (ilmu terapan) |
Program Studi: | Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Sipil |
Pengguna Deposit: | UPT . Digilib6 |
Date Deposited: | 30 Mar 2022 03:49 |
Terakhir diubah: | 30 Mar 2022 03:49 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/56743 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |