VIRTUAL REALITY TOUR GUNUNG ANAK KRAKATAU

BRIYAN SITINJAK, 1515061035 (2019) VIRTUAL REALITY TOUR GUNUNG ANAK KRAKATAU. Fakultas Teknik, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (45Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (6Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN OK.pdf

Download (6Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian virtual reality Kawasan Krakatau dilakukan untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat tentang Gunung Anak Krakatau yang berada di Lampung. Besarnya jumlah data yang akan diolah menggunakan konsep virtual reality membuat sistem dirancang menampilkan data secara efektif dengan gambar yang terkompresi terlebih dahulu. Eksetensi gambar yang digunakan adalah equirectangular.Tujuan dari penelitian ini adalah membangun virtual reality untuk memberikan informasi tentang Gunung Anak Krakatau Provinsi Lampung. Virtual Reality adalah sebuah teknologi yang dapat membawa pengguna masuk kedalam sebuah lingkungan virtual dengan menggunakan bantuan dari hardware dan software dari perangkat yang mendukung teknologi vritual reality. Metode untuk melakukan pembuatan system menggunakan metode Design Science Research Process (DSRP). Data yang bisa diambil di dalam sistem ini dibatasi oleh akses peneliti dan juga waktu dalam pengambilan data. Data yang diambil menggunakan perangkat berupa camera 360° dan monopod. Pembuatan sistem menggunakan Unity 3D version 2019. Informasi-infromasi yang disajikan dalam sistem didapat dari beberapa hal yaitu didapat pada saat peneliti mengambil data, jurnal dan makalah online, dan berita terbaru yang relevan dengan keadaaan saat ini. Alat ini sudah dapat disosialisasikan dengan perangkat smartphone minimum API 22 atau versi Marshmellow dengan RAM 2 GB tanpa memerlukkan akses internet karena dibuat offline sehingga dapat memberikkan kontribusi dalam hal edukasi kawasan Krakatau bagi masyarakat. Kata kunci : virtual reality tour, gunung anak krakatau, equirectangular Virtual reality research of the Krakatau The region was conducted to provide awareness to the public about Gunung Anak Krakatau in Lampung. A large amount of data to be processed using the concept of virtual reality makes the system designed to display data effectively with compressed images first. The image extension used is equirectangular. The purpose of this study is to build virtual reality to provide information about Gunung Anak Krakatau, Province of Lampung. Virtual Reality is a technology that can bring users into a virtual environment by using some hardware and software from devices that support virtual reality technology. The method for making systems uses the Design Science Research Process (DSRP) method. Data that can be retrieved in this system is limited by the access of researchers and also the time in data retrieval. Data retrieved using a device in the form of a 360 ° camera and monopod. The making of the system uses Unity 3D version 2019. The information presented in the system is obtained from several things, which are obtained when researchers retrieve data, journals, and papers online, and the latest news that is relevant to current conditions. This tool can already be socialized with a minimum smartphone device API 22 or Marshmellow version with 2 GB RAM without requiring internet access because it is made offline so that it can contribute to the education of the Krakatau region for the community. Keywords : virtual reality tour, gunung anak krakatau, equirectangular

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Informatika
Pengguna Deposit: UPT . Digilib9
Date Deposited: 28 Mar 2022 03:55
Terakhir diubah: 28 Mar 2022 03:55
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/56795

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir