PERBANDINGAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING, PROJECT BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING DENGAN MEMPERHATIKAN AKTIVITAS BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMAN 1 SUNGKAI UTARA KABUPATEN LAMPUNG UTARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Nun Adiyah, 1513031038 (2019) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING, PROJECT BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING DENGAN MEMPERHATIKAN AKTIVITAS BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMAN 1 SUNGKAI UTARA KABUPATEN LAMPUNG UTARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (45Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3054Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2811Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar ekonomi yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning, Project Based Learning dan Discovery Learning dengan memperhatikan Aktivitas belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pendekatan komparatif.Pengumpulan data melalui lembar observasi, soal test dan dianalisis dengan rumus t-test dan ANOVA menggunakan perhitungan manual dan SPSS.Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Sungkai Utara dengan populasi sebanyak 4 kelas dan sampel 3 kelas yang ditentukan melalui Cluster Random Sampling. Hasil analisis data menunjukkan F hitung > Ftabel atau 11,396 > 3,09 berarti Terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe Problem Based Learning, Project Based Learning dan Discovery Learning dan Fhitung > Ftabel atau 47,778 > 3,09 berarti Ada interaksi antara model pembelajaran dengan aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar ekonomi. Kata kunci: hasil belajar, aktivitas belajar, PBL, PjBL, DL This research is motivated by the low economic learning outcomes. This study aims to determine the comparison of economic learning outcomes using the Problem Based Learning, Project Based Learning and Discovery Learning learning models regarding to learning activities. The method used in this study is quasi-experimental with a comparative approach. Data collection through observation sheets, test questions and analyzed by t-test formula and ANOVA using manual calculations and SPSS. This research was conducted at SMAN 1 Sungkai Utara with a population of 4 classes and sample of 3 classes specified through Cluster Random Sampling. The results of data analysis show that F count > F table or 11.396 > 3.09 means that there are differences in economic learning outcomes between students whose learning uses the Cooperative model type Problem Based Learning, Project Based Learning and Discovery Learning and F count > F table or 47.778 > 3.09 means there is an interaction between learning model with student learning activities towards economic learning outcomes. Keywords: learning outcomes, learning activities, PBL, PjBL, DL

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: UPT . Dito Nipati
Date Deposited: 30 Mar 2022 05:08
Terakhir diubah: 30 Mar 2022 05:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/56842

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir