AUDIT TEKNOLOGI INFORMASI PADA PT TUNAS DWIPA MATRA MENGGUNAKAN FRAMEWORK COMMITTEE OF SPONSORING ORGANIZATIONS OF THE TREADWAY COMMISSION (COSO)

LEILA FAUZIAH , 1417051077 (2019) AUDIT TEKNOLOGI INFORMASI PADA PT TUNAS DWIPA MATRA MENGGUNAKAN FRAMEWORK COMMITTEE OF SPONSORING ORGANIZATIONS OF THE TREADWAY COMMISSION (COSO). FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (897Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1212Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1211Kb)

Abstrak

PT Tunas Dwipa Matra merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang service dan penjualan sepeda motor. PT Tunas Dwipa memiliki teknologi informasi yang digunakan untuk menjalankan dan mengembangkan operasional perusahaan untuk kegiatan penjualan, service dan sistem kepegawaiannya. Audit teknologi informasi dilakukan untuk meminimalkan terjadinya kecurangan atau risiko pada teknologi informasi yang digunakan dan mengetahui sejauh mana tingkat kapabilitas teknologi informasi pada PT Tunas Dwipa Matra. Standar kontrol yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Committee of Sponsoring Organizations of the Treadway Commission (COSO) dengan menerapkan komponen Control Environment, Risk Assessment, Control Activities, Information and Communication, dan Monitoring. Berdasarkan hasil perhitungan capability level pada layanan teknologi informasi PT Tunas Dwipa Matra berada pada level 4 (Predictable Process) dengan nilai 4,17. Hal ini dapat diartikan bahwa proses atau kegiatan teknologi informasi di PT Tunas Dwipa Matra telah dilakukan dengan konsisten dan memiliki batasan yang telah ditentukan oleh perusahaan. Nilai ekspetasi yang ingin dicapai berada pada level 5 (Optimizing Process). Perbedaan level ini terjadi karena PT Tunas Dwipa Matra belum melakukan pengawasan, pengembangan dan evaluasi lebih lanjut dan perbaikan berkelanjutan untuk menunjang kegiatan perusahaan. Kata Kunci: Audit Teknologi Informasi, COSO, Capability Level. ABSTRACT PT Tunas Dwipa Matra merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang service dan penjualan sepeda motor. PT Tunas Dwipa memiliki teknologi informasi yang digunakan untuk menjalankan dan mengembangkan operasional perusahaan untuk kegiatan penjualan, service dan sistem kepegawaiannya. Audit teknologi informasi dilakukan untuk meminimalkan terjadinya kecurangan atau risiko pada teknologi informasi yang digunakan dan mengetahui sejauh mana tingkat kapabilitas teknologi informasi pada PT Tunas Dwipa Matra. Standar kontrol yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Committee of Sponsoring Organizations of the Treadway Commission (COSO) dengan menerapkan komponen Control Environment, Risk Assessment, Control Activities, Information and Communication, dan Monitoring. Berdasarkan hasil perhitungan capability level pada layanan teknologi informasi PT Tunas Dwipa Matra berada pada level 4 (Predictable Process) dengan nilai 4,17. Hal ini dapat diartikan bahwa proses atau kegiatan teknologi informasi di PT Tunas Dwipa Matra telah dilakukan dengan konsisten dan memiliki batasan yang telah ditentukan oleh perusahaan. Nilai ekspetasi yang ingin dicapai berada pada level 5 (Optimizing Process). Perbedaan level ini terjadi karena PT Tunas Dwipa Matra belum melakukan pengawasan, pengembangan dan evaluasi lebih lanjut dan perbaikan berkelanjutan untuk menunjang kegiatan perusahaan. Kata Kunci: Audit Teknologi Informasi, COSO, Capability Level.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Q Science (General) > QA Mathematics > QA76 Computer software
Program Studi: Fakultas MIPA > Prodi Ilmu Komputer
Depositing User: 188370839 . Digilib
Date Deposited: 28 May 2019 03:46
Last Modified: 28 May 2019 03:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/56930

Actions (login required)

View Item View Item