PREFERENSI KONSUMEN DAN ANALISIS FINANSIAL TERHADAP PRODUK FRUIT LEATHER PISANG SIAM (Musa sp.)

DWI PROBO RAKASIWI, 1514051034 (2019) PREFERENSI KONSUMEN DAN ANALISIS FINANSIAL TERHADAP PRODUK FRUIT LEATHER PISANG SIAM (Musa sp.). FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (630Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (530Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini mengetahui preferensi konsumen dan menganalisis finansial terhadap fruit leather pisang siam (Musa sp.). Metode yang digunakan pada preferensi konsumen yaitu survey dan analisis deskriptif sedangkan pada analisis finansial menghitung NPV, IRR, Net B/C, PP dan BEP. Data dikumpulkan menggunakan teknik wawancara langsung terhadap 100 mahasiswa yang berada di lokasi Universitas Lampung dengan menggunakan kuisioner. Atribut –atribut yang diamati pada preferensi konsumen ini adalah warna, rasa, aroma, tekstur, bentuk produk, kemasan dan penerimaan keseluruhan. Sensistivitas dilakukan dengan menggunakan asumsi penurunan harga bahan baku dan bahan tambahan sebesar 12.3% dan kenaikan harga jual produk sebesar 7%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada preferensi konsumen menyukai produk ini dengan warna 65%, aroma 79%, rasa 84%, tekstur 82%, bentuk produk 70%, kemasan 54%, penerimaan iv keseluruhan 62%. Analisis aspek finansial pada produk ini dapat dikatakan layak dengan NPV Rp 742.938.018-, IRR 41.23% Net B/C 1.33 Payback Period 5.5 tahun dan Break Even Point Rp. 353,027,074. Kata kunci: fruit leather pisang siam, preferensi konsumen, analisis finansial, analisis sensitivitas The purpose of this study was to determine consumer preferences and financial analysis fruit leather banana Siam (Musa sp.). The methods used were survey for consumer preference and descriptive analysis for financial analysis by NPV, IRR, Net B/C, PP and BEP. Data was collected using direct interview techniques of 100 students from University of Lampung by using questionnaires. The consumer preferences attributes were observed are color, taste, flavour, texture, product shape, packaging and acceptances leves. Sensitivity analysis was carried out using the assumption of a decrease in 12.3% the price of raw materials additional ingredients as well as 7% increase in product selling prices. The results showed that acceptance levels for color 65%, flavor 79%, taste 84%, texture 82%, product shape 70%, packaging 54%, and acceptance level 62% respectively. The results of financial analyze showed that feasible study for this products were Rp. 742,938,018 NPV, ii 41.23% IRR, 1.33 Net B/C, 5.5 years Payback Period and Rp. 353,027,074 Break Event Point. Keywords: fruit leather banana siam, consumer preferences, financial analysis, sensitivity analysis

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Teknologi Hasil Pertanian
Pengguna Deposit: UPT . Rukiah
Date Deposited: 31 Mar 2022 18:50
Terakhir diubah: 31 Mar 2022 18:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/56941

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir