PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS MULTIKULTUR UNTUK MENINGKATKAN SIKAP SOSIAL DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA

Nanang Adi Saputra, 1423021089 (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS MULTIKULTUR UNTUK MENINGKATKAN SIKAP SOSIAL DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA. Masters thesis, PROGRAM STUDI MAGISTER PENDIDIKAN MATEMATIKA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] Text
TESIS FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3112Kb)
[img]
Preview
Text
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2293Kb) | Preview

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis multikultur untuk meningkatkan sikap sosial dan penguasaan konsep matematika siswa. LKPD berbasis multikultur dapat meningkatkan sikap sosial dan penguasaan konsep matematika peserta didik karena di dalam LKPD telah berisi latihan soal atau tugas yang harus dikerjakan oleh peserta didik. LKPD sangat baik digunakan untuk meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam proses belajar. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui cara pengembangan LKPD berbasis multikultur untuk meningkatkan sikap sosial dan penguasaan konsep matematika dan mengetahui efektivitas LKPD berbasis multikultur dalam meningkatkan sikap sosial dan penguasaan konsep matematika. Ujicoba lapangan dilakukan pada siswa kelas VIII SMPN Satu Atap 1 Gunung Sugih tahun pelajaran 2018/2019, Penelitian ini menggunakan metode R & D (Brog & Gall, 1989). Hasil penelitian ini menunjukkan LKPD berbasis multikultur dapat meningkatkan sikap sosial dan penguasaan konsep matematika serta efektif meningkatkan sikap social dan penguasaan konsep siswa Kata kunci : LKPD, Multikultur, Sikap Sosial, Penguasaan Konsep ABSTRACT Abstract: This study aims to develop multicultural based Student Worksheets to improve social attitudes and mastery of students' mathematical concepts. Multicultural based LKPD can improve social attitudes and mastery of students' mathematical concepts because the LKPD contains exercises or tasks that must be done by students. LKPD is very well used to increase the involvement of students in the learning process. The purpose of this study was to find out how to develop multicultural based LKPD to improve social attitudes and mastery of mathematical concepts and determine the effectiveness of multicultural LKPD in improving social attitudes and mastery of mathematical concepts. Field trials were conducted on class VIII students of Gunung Sugih 1 Roof One Junior High School 1 in the academic year 2018/2019. This study uses the Research and Development method (Brog & Gall, 1989). The results of this study indicate that multicultural LKPD can improve social attitudes and mastery of mathematical concepts and effectively improve social attitudes and mastery of mathematical concepts. Keywords: LKPD, Multiculture, Social Attitude, Mastery of Concepts

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QA Mathematics
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: 188273202 . Digilib
Date Deposited: 21 Jun 2019 03:44
Last Modified: 21 Jun 2019 03:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57045

Actions (login required)

View Item View Item