M. Restu Aji Saputro, 1513031043 (2019) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN WORLD CAFE DAN ARTIKULASI DENGAN MEMPERHATIKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA KELAS X SMA NEGERI 1 AIR NANINGAN KECAMATAN AIR NANINGAN KABUPATEN TANGGAMUS TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (68Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (5Mb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (5Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar ekonomi yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar ekonomi antara model pembelajaran kooperatif tipe World Cafedan Artikulasi dengan memperhatikan minat belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa Kelas X SMA Negeri 1Air Naningan semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Populasi berjumlah 144 siswa dengan sampel 72 siswa. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, teknik tes dan angket. Uji hipotesis menggunakan analisis varians dua jalan dan t-test dua sampel independen. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ada perbedaan rata-rata hasil belajar Ekonomi pada siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran World cafe dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran Artikulasi.(2) Hasil belajar Ekonomi siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran World cafe lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Artikulasibagi siswa yang memiliki minat belajar tinggi.(3) Hasil belajar Ekonomi siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran World cafe lebih rendah dibandingkan dengansiswa yang pembelajarannya menggunakan model Artikulasibagi siswa yang memiliki minat belajar rendah.(4) Ada interaksi antara model pembelajaran, minat belajar pada hasil belajar Ekonomi. Kata Kunci: Minat Belajar, Hasil Belajar, World Cafe, Artikulasi This study aims to determine the comparison of economic learning outcomes between World Cafe and Articulated cooperative learning models with regard to student learning interests. The method used in this study is quasi-experimental. The population of this research is Class X students of SMA Negeri 1 Air Naningan in the even semester of the 2018/2019 school year. The population was 144 students with a sample of 72 students. Data collection through observation, interviews, documentation, test techniques and questionnaires. Hypothesis testing uses two-way analysis of variance and two independent sample t-tests. The results showed: (1) There was a difference in the average economic learning outcomes of students who learned using the World cafe learning model and students who used the Articulation learning model. (2) Economic learning outcomes of students whose learning using World cafe learning models are higher than students whose learning uses Articulation learning models for students who have high learning interest. (3) Economic learning outcomes of students whose learning uses the World cafe learning model are lower than students whose learning uses the Articulation model for students who have low learning interest. (4) There is an interaction between learning models, learning interest in learning outcomes in Economics.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS |
Pengguna Deposit: | UPT . Dito Nipati |
Date Deposited: | 31 Mar 2022 07:25 |
Terakhir diubah: | 31 Mar 2022 07:25 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57168 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |