KEMAMPUAN BERTAHAN JAMUR Metarhizium flavoviride DALAM COMPOST TEA SETELAH MASA PENYIMPANAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP MORTALITAS WERENG DAN WALANG SANGIT SERTA KEMAMPUANNYA DALAM MEMACU PERTUMBUHAN TANAMAN

Siti Jarlina, 1524011014 (2019) KEMAMPUAN BERTAHAN JAMUR Metarhizium flavoviride DALAM COMPOST TEA SETELAH MASA PENYIMPANAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP MORTALITAS WERENG DAN WALANG SANGIT SERTA KEMAMPUANNYA DALAM MEMACU PERTUMBUHAN TANAMAN. Masters thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
2. TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1614Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. TESIS FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1645Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pemanfaatan compost tea sebagai pupuk organik untuk meningkatkan ketersediaan unsur hara pada tanaman dan jamur Metarhizium flavoviride sebagai insektisida hayati dalam mengatasi wereng dan walang sangit secara terpisah sudah mulai dilakukan oleh banyak peneliti. Selanjutnya penggunaan secara bersama antara jamur Metarhizium flavoviride dan compost tea juga sedang dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan bertahan jamur dan patogenisitas Metarhizium flavoviride dalam compost tea setelah masa penyimpanan dan pengaruhnya terhadap mortalitas hama wereng dan walang sangit, serta kemampuan untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman. Penelitian ini dilakukan dalam 2 tahap percobaan dan disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan masing-masing 7 perlakuan dan 6 ulangan. Hasil percobaan menunjukkan bahwa aplikasi Metarhizium flavoviride dalam compost tea setelah masa penyimpanan mampu bertahan dan dapat menyebabkan mortalitas hama wereng dan walang sangit. Persentase mortalitas kedua hama tersebut paling tinggi pada penyimpanan bulan pertama mencapai +75%. Sedangkan kemampuan untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman yang diuji cobakan pada tanaman mentimun, tidak berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan tanaman. Kata kunci: Metarhizium flavoviride, compost tea, wereng, walang sangit, tanaman padi.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Magister Agronomi
Pengguna Deposit: UPT Anita Ekarini
Date Deposited: 02 Apr 2022 22:39
Terakhir diubah: 02 Apr 2022 22:39
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57217

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir