Pemanfaatan Campuran Zeolit-Sekam Padi Yang Diaktivasi Fisik Pada Knalpot Untuk Meningkatkan Prestasi Mesin Sepeda Motor Bensin 4-Langkah

JUMALIYA, 1415021052 (2019) Pemanfaatan Campuran Zeolit-Sekam Padi Yang Diaktivasi Fisik Pada Knalpot Untuk Meningkatkan Prestasi Mesin Sepeda Motor Bensin 4-Langkah. FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1518Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1519Kb) | Preview

Abstrak

Abstrak Polusi udara dan kelangkaan bahan bakar kendaraan bermotor merupakan permasalahan yang cukup penting yang dihadapi oleh dunia khususnya Indonesia. Untuk mereduksi emisi gas buang dan menurunkan konsumsi bahan bakar kendaraan bermotor dapat memanfaatkan campuran zeolit dan arang sekam padi yang berbentuk pelet sebagai adsorben yang diletakkan pada saluran emisi gas buang. Lampung memiliki potensi zeolit dan sekam padi yang cukup besar. Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan campuran sekam padi dan zeolit untuk melihat prestasi mesin yang terjadi terhadap akselerasi, konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang motor bensin 4-Langkah. Sebelumnya sekam padi diarangkan pada temperatur 240 oC selama 2 jam lalu sekam padi dan zeolit diayak dengan ukuran 100 mesh yang dibuat menjadi adsorben dengan komposisi A dan B kemudian diaktivasi pada temperatur oven sebesar 150oC, 200oC dan 250oC selama 1 jam. Adsorben dibentuk seperti pipa panjang berukuran 15cm dan kemudian diaplikasikan pada saluran gas buang. Pengujian yang dilakukan yaitu uji akselerasi 0-60km, uji konsumsi bahan bakar stasioner 1500 rpm, 3000 rpm dan 4500 rpm. U ji konsumsi bahan bakar berjalan dengan kecepatan rata-rata 40km/jam dan uji emisi gas buang dengan putaran mesin sebesar 3500 rpm. Hasil dari penelitian ini didapatkan adsorben terbaik yaitu A200 dengan proses uji akselerasi mendapatkan penurunan akselerasi mesin sebesar 9%. Untuk proses uji konsumsi bahan bakar berjalan mendapatkan nilai sebesar 100ml dengan jarak tempuh 4km. Untuk proses uji konsumsi bahan bakar stasioner pada putaran 1500 rpm sebesar 10 ml, pada putaran 3000 rpm sebesar 29 ml dan pada putaran 4500 rpm sebesar 48,3 ml. Untuk proses pengujian emisi gas buang mereduksi kadar CO sebesar 19%, mereduksi kadar HC sebesar 3% dan mereduksi kadar CO2 sebesar 16%. Proses aktivasi terbaik yang mampu meningkatkan prestasi mesin adalah temperatur 200oC dan komposisi campuran terbaik yaitu pada komposisi adsorben zeolit 50% serta arang sekam padi 50%. KataKunci: : Emisi Gas Buang, Zeolit, Arang Sekam Padi, Prestasi Mesin, Adsorben.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Mesin
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 01 Apr 2022 06:03
Terakhir diubah: 01 Apr 2022 06:03
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57241

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir