EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tanjung Bintang Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019)

AGNIS PINASTI , 1513021048 (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tanjung Bintang Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1431Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1432Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Tanjung Bintang semester genap tahun pelajaran 2018/2019 yang terdistribusi dalam tujuh kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan VII B yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan adalah the randomized pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes uraian pada materi perbandingan. Analisis data penelitian ini menggunakan uji mann-withney u dan uji proporsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran inkuiri terbimbing tidak lebih dari siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, namun proporsi siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis terkategori baik pada kelas yang mengikuti model pembelajaran inkuiri terbimbing mencapai lebih dari 60% dari jumlah siswa. Kata kunci: efektivitas, inkuiri terbimbing, pemecahan masalah matematis

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: 100 Filsafat
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Matematika
Depositing User: 188563292 . Digilib
Date Deposited: 26 Jun 2019 01:38
Last Modified: 26 Jun 2019 01:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57246

Actions (login required)

View Item View Item