PENGARUH FREKUENSI PEMBERIAN PAKAN YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN BENIH NILEM (Osteochilus hasselti Valenciennes, 1842)

YULIA ERDA KURNIATI, 1514111052 (2019) PENGARUH FREKUENSI PEMBERIAN PAKAN YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN BENIH NILEM (Osteochilus hasselti Valenciennes, 1842). FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1831Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1803Kb) | Preview

Abstrak

Bonylip barb (Osteochillus hasselti) is one of freshwater fish comunity, that most liked cause has a tasty meat. Bonylip barb usually lived in the river that has clarity and stream. There are many problem to cultured bonylip barb. Slow growth of bonylip barb be major problem that caused by feeding management. The feeding frequency has they role to differences growth of bonylip barb. The aim of the researched is to different growth rate of bonylip barb with different feeding frequency. This research used a Completely Randomized Design, with 3 treatments consist 2 times, 3 times, and 4 times of feeding frequency. The bonylip barb used have 5-6 cm in length. The results of this research showed that the treatment has no significant effect to growth rate of bonylip barb. This result shown that feeding frequency not correlated with the metabolic rate. Metabolic rate of bonylip barb could be measured with gastric emptying rate that longer than feeding frequency. Keywords: bonylip barb, feed, feeding frequency, growth Nilem merupakan ikan air tawar yang banyak digemari oleh masyarakat, karena memiliki daging yang gurih dan enak. Ikan ini biasa hidup di sungai-sungai berarus sedang dan jernih. Pada kegiatan budidaya nilem terdapat beberapa kendala salah satunya yaitu pertumbuhan dari nilem yang cukup lambat. Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan nilem yang lambat salah satunya adalah pakan yang dikonsumsi, dikarenakan frekuensi atau komposisi dari pakannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui frekuensi pemberian pakan yang efektif terhadap pertumbuhan nilem. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap, dengan 3 perlakuan yang dicobakan yaitu frekuensi pemberian pakan yang berbeda, terdiri dari perlakuan dengan frekuensi 2 kali, 3 kali, dan 4 kali sehari. Hewan uji yang digunakan adalah benih nilem berukuran 5-6 cm. Hasil analisis dari penelitian ini menunjukkan tidak adanya pengaruh perlakuan terhadap pertumbuhan benih nilem. Hasil ini menunjukkan bahwa dengan frekuensi pemberian pakan yang berbeda tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan, karena efesiensi pakan diduga berkaitan dengan tingkat metabolisme ikan. Tingkat metabolisme dapat diukur dengan laju pengososngan lambung pada nilem membutuhkan waktunya yang lama. Kata kunci : nilem, pakan, frekuensi pakan, pertumbuhan

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian > Prodi Budidaya Perairan
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 01 Apr 2022 04:49
Terakhir diubah: 01 Apr 2022 04:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57302

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir