PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS DI SMA YADIKA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

INTEN INDRAYANI, 1313034049 (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS DI SMA YADIKA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] FIle PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2566Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2138Kb) | Preview

Abstrak

This research aims to determine the effect of the application of think pair share type cooperative learning models to the learning activities and learning outcomes of students of class XI IPS in Yadika Bandar Lampung High School. The research method used in this study is Quasi Experiment. Data collection uses test techniques to measure student learning outcomes. Observation technique to obtain data from the teaching and learning process in class and documentation. The subjects of this study were students of class XI IPS 1 and XI IPS 2 totaling 52 students. The results showed that: (1) There were differences in learning activities between classes using the TPS type model and those who did not. (2) There are differences in learning outcomes between classes that use the TPS type model and those that do not. (3) There is an influence of the use of TPS type learning models on geography learning outcomes. Keywords: think pair share learning, activities, learning outcomes Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap aktivitas dan hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS di SMA Yadika Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Eksperimen Semu (Quasi Eksperimen). Pengumpulan data menggunakan teknik tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Teknik Observasi untuk memperoleh data dari proses kegiatan belajar mengajar di kelas dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 berjumlah 52 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat perbedaan aktivitas belajar antara kelas yang menggunakan model tipe TPS dengan yang tidak. (2) Terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas yang menggunakan model tipe TPS dengan yang tidak. (3) Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran tipe TPS terhadap hasil belajar geografi. Kata Kunci: pembelajaran think pair share, aktivitas, hasil belajar

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 04 Apr 2022 07:24
Terakhir diubah: 04 Apr 2022 07:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57464

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir