PENGEMBANGAN BUKU SISWA ELEKTRONIK (BSE) BERBASIS MULTIPLE REPRESENTATIONS PADA MATERI FISIKA UNTUK SMP KELAS VIII

Lisa Apriyani, 0913022051 (2013) PENGEMBANGAN BUKU SISWA ELEKTRONIK (BSE) BERBASIS MULTIPLE REPRESENTATIONS PADA MATERI FISIKA UNTUK SMP KELAS VIII. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Cover dalam.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Menyetujui.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Mengesahkan.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Surat Pernyataan.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Riwayat Hidup.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
8. MOTTO.pdf

Download (57Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
9. PERSEMBAHAN.pdf

Download (62Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
10. SANWACANA.pdf

Download (67Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR ISI.pdf

Download (87Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
12. daftar tabel.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
13. Daftar Gambar.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (139Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (674Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (373Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (129Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Berdasarkan hasil wawancara peneliti terhadap siswa SMP di Bandar Lampung, diketahui bahwa banyak siswa belum memiliki sumber belajar seperti buku untuk digunakan di luar jam sekolah. Diketahui pula bahwa alasan siswa tidak memiliki sumber belajar adalah keterbatasan biaya serta kesulitan dalam mendapatkannya. Mempertimbangkan masalah-masalah tersebut, maka peneliti mengembangkan sebuah buku elektronik sebagai sumber belajar. Buku elektronik yang dikembangkan berbasis multiple representations untuk materi fisika SMP kelas VIII. Tujuan pengembangan ini adalah agar siswa lebih tertarik untuk belajar dan mampu mengembangkan pemahaman konsep fisika siswa. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari model pengembangan media pembelajaran menurut Suyanto dan Sartinem (2009:16). Model pengembangan ini meliputi lima prosedur pengembangan produk dan uji coba produk, yaitu : penelitian pendahuluan, pembuatan naskah/ desain materi, pengembangan produk, uji coba produk (uji internal dan uji eksternal), dan diseminasi dan implementasi. Hasil uji internal menunjukkan bahwa sumber belajar yang dikembangkan telah Lisa Apriyani sesuai dengan standar isi dan layak digunakan sebagai sumber belajar bagi siswa. Hasil uji eksternal menunjukkan bahwa kualitas sumber belajar sangat menarik yaitu mencapai 96% untuk tingkat kemenarikan produk dan efektif digunakan sebagai sumber belajar yaitu mencapai 82% siswa tuntas KKM. Jadi, dapat disimpulkan bahwa dihasilkan sumber belajar berupa buku elektronik berbasis multiple representations yang telah teruji dan layak digunakan dengan kualitas sangat menarik dan dinyatakan efektif digunakan sebagai sumber belajar. Kata kunci: Buku Elektronik dan Multiple Representations

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Fisika
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 11 Dec 2014 04:29
Last Modified: 11 Dec 2014 04:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5750

Actions (login required)

View Item View Item