DESKRIPSI DISPOSISI BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN SOCRATES SAINTIFIK (Penelitian Kualitatif pada Siswa Kelas VII-D Semester Ganjil MTs Negeri 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2018/2019)

APRILIA ANGGRAENI, 1513021009 (2019) DESKRIPSI DISPOSISI BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN SOCRATES SAINTIFIK (Penelitian Kualitatif pada Siswa Kelas VII-D Semester Ganjil MTs Negeri 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2018/2019). FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2544Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2545Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan disposisi berpikir kritis matematis siswa dalam pembelajaran Socrates saintifik. Subjek penelitian ini adalah 9 siswa kelas VII-D MTs Negeri 2 Bandar Lampung tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 3 siswa berkemampuan matematis tinggi, sedang, dan rendah. Data penelitian ini merupakan data kualitatif tentang disposisi berpikir kritis matematis siswa yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya, dilakukan analisis data melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh simpulan bahwa: (1) disposisi berpikir kritis matematis siswa yang muncul dalam pembelajaran Socrates saintifik adalah indikator pencarian kebenaran, indikator berpikiran terbuka, indikator analitis, indikator kepercayaan diri, dan indikator rasa ingin tahu. Namun disposisi kritis matematis yang lebih dominan muncul yaitu indikator analitis dan indikator kepercayaan diri, (2) disposisi berpikir kritis matematis siswa lebih sering muncul saat guru Aprilia Anggraeni mengajukan pertanyaan Socrates tipe klarifikasi serta alasan-alasan dan bukti penyelidikan, (3) disposisi berpikir kritis matematis siswa lebih dominan muncul saat siswa melakukan tahapan saintifik yaitu menalar dan mengomunikasikan, dan (4) hal-hal menarik lainnya dari disposisi berpikir kritis matematis yang muncul saat pembelajaran Socrates saintifik yaitu: (a) terjadinya disposisi berpikir kritis matematis siswa dipengaruhi oleh soal berpikir kritis yang diberikan oleh guru. Soal yang memiliki tingkat kesukaran tinggi kurang diminati oleh siswa yang berkemampuan rendah, dan (b) disposisi berpikir kritis matematis siswa lebih dominan dimunculkan oleh siswa yang memiliki level belajar yang tinggi. Kata kunci: disposisi berpikir kritis matematis, metode Socrates, pendekatan saintifik

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 340 Ilmu hukum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 02 Apr 2022 22:46
Terakhir diubah: 02 Apr 2022 22:48
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57501

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir