EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Bandarlampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019)

Asti Retnosari, 1513021040 (2019) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Bandarlampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019). FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (187Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2066Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1870Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 10 Bandarlampung tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 351 siswa yang terdistribusi dalam 11 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIID dan VIIE yang terpilih berdasarkan teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh dari tes pemahaman konsep matematis, dengan instrumen tes berbentuk uraian. Analisis data penelitian menggunakan uji proporsi dan uji kesamaan dua rata-rata dengan . Berdasarkan hasil uji proporsi, diperoleh bahwa persentase siswa dengan pembelajaran TTW yang mencapai nilai 70 tidak lebih dari 60% dan berdasarkan uji kesamaan dua rata-rata diperoleh bahwa peningkatan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran TTW lebih dari siswa yang mengikuti pembelajaran non-TTW. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TTW tidak efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa, namun peningkatan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran TTW lebih dari siswa yang mengikuti pembelajaran non- TTW Kata kunci: efektivitas, pemahaman konsep matematis, think talk write.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 340 Ilmu hukum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 04 Apr 2022 07:25
Terakhir diubah: 04 Apr 2022 07:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57510

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir