PUTRI DERYATI, 0913022058 (2013) PENGARUH KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SAINS MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MULTIPLE REPRESENTATIONS TERHADAP LITERASI SAINS SISWA SMP. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
2. ABSTRAK.pdf Download (280Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. COVER DALAM SKRIPSI.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. MENYETUJUI.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. MENGESAHKAN.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. PERNYATAAN.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7. RIWAYAT HIDUP.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8. MOTTO.pdf Download (40Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9. PERSEMBAHAN.pdf Download (39Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10. SANWACANA.pdf Download (54Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
12. DAFTAR TABEL.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
13. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (62Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (152Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (157Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (518Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (293Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (54Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Data hasil studi komparatif yang dilakukan PISA tahun 2009 menunjukkan bahwa rata-rata nilai tes literasi sains anak Indonesia masih tergolong rendah. Beberapa faktor penyebabnya adalah pembelajaran di sekolah yang cenderung berpusat pada kegiatan guru, sehingga menjadikan siswa sulit mengembangkan keterampilan berkomunikasinya, selain itu kemampuan siswa dalam menginterpretasikan data dari suatu representasi ke representasi lain masih kurang. Salah satu upaya yang dapat membantu dalam meningkatkan literasi sains siswa khususnya pada materi hukum newton adalah menumbuhkan keterampilan berkomunikasi sains mereka. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh keterampilan berkomunikasi sains menggunakan pendekatan pembelajaran Multiple Representation terhadap literasi sains siswa SMP. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 3 Bandar Lampung, menggunakan satu kelas yaitu kelas VIIIA dengan jumlah sampel 31 siswa dan menggunakan desain One-Group Pretest – Posttest. Data yang diperoleh adalah data keterampilan Putri Deryati berkomunikasi sains siswa dan data literasi sains siswa. Data kemudian diuji normalitas, linearitas, dan regresi linier sederhana untuk mengetahui pengaruh keterampilan berkomunikasi sains mengggunakan pendekatan pembelajaran Multiple Representations terhadap literasi sains siswa SMP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang linier, positif, dan signifikan antara keterampilan berkomunikasi sains menggunakan pendekatan pembelajaran Multiple Representation terhadap literasi sains siswa SMP. Kedua variabel memiliki korelasi hubungan yang kuat sebesar 0,61 dengan konstribusi 37% serta persamaan regresi yang diperoleh adalah Y’ = 3,67 + 0,78X. Kata kunci : keterampilan berkomunikasi sains, pendekatan pembelajaran Multiple Representations, dan literasi sains siswa.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 11 Dec 2014 04:20 |
Terakhir diubah: | 11 Dec 2014 04:20 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5752 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |