PENGARUH KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SAINS MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MULTIPLE REPRESENTATIONS TERHADAP LITERASI SAINS SISWA SMP

PUTRI DERYATI, 0913022058 (2013) PENGARUH KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SAINS MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MULTIPLE REPRESENTATIONS TERHADAP LITERASI SAINS SISWA SMP. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (280Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
3. COVER DALAM SKRIPSI.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
4. MENYETUJUI.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
5. MENGESAHKAN.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
6. PERNYATAAN.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
7. RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
8. MOTTO.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
9. PERSEMBAHAN.pdf

Download (39Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
10. SANWACANA.pdf

Download (54Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR ISI.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
12. DAFTAR TABEL.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (62Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (152Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (157Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (293Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (54Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Data hasil studi komparatif yang dilakukan PISA tahun 2009 menunjukkan bahwa rata-rata nilai tes literasi sains anak Indonesia masih tergolong rendah. Beberapa faktor penyebabnya adalah pembelajaran di sekolah yang cenderung berpusat pada kegiatan guru, sehingga menjadikan siswa sulit mengembangkan keterampilan berkomunikasinya, selain itu kemampuan siswa dalam menginterpretasikan data dari suatu representasi ke representasi lain masih kurang. Salah satu upaya yang dapat membantu dalam meningkatkan literasi sains siswa khususnya pada materi hukum newton adalah menumbuhkan keterampilan berkomunikasi sains mereka. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh keterampilan berkomunikasi sains menggunakan pendekatan pembelajaran Multiple Representation terhadap literasi sains siswa SMP. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 3 Bandar Lampung, menggunakan satu kelas yaitu kelas VIIIA dengan jumlah sampel 31 siswa dan menggunakan desain One-Group Pretest – Posttest. Data yang diperoleh adalah data keterampilan Putri Deryati berkomunikasi sains siswa dan data literasi sains siswa. Data kemudian diuji normalitas, linearitas, dan regresi linier sederhana untuk mengetahui pengaruh keterampilan berkomunikasi sains mengggunakan pendekatan pembelajaran Multiple Representations terhadap literasi sains siswa SMP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang linier, positif, dan signifikan antara keterampilan berkomunikasi sains menggunakan pendekatan pembelajaran Multiple Representation terhadap literasi sains siswa SMP. Kedua variabel memiliki korelasi hubungan yang kuat sebesar 0,61 dengan konstribusi 37% serta persamaan regresi yang diperoleh adalah Y’ = 3,67 + 0,78X. Kata kunci : keterampilan berkomunikasi sains, pendekatan pembelajaran Multiple Representations, dan literasi sains siswa.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Fisika
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 11 Dec 2014 04:20
Last Modified: 11 Dec 2014 04:20
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5752

Actions (login required)

View Item View Item