PUTRI DERYATI, 0913022058 (2013) PENGARUH KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SAINS MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MULTIPLE REPRESENTATIONS TERHADAP LITERASI SAINS SISWA SMP. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (280Kb) | Preview |
|
|
Text
3. COVER DALAM SKRIPSI.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
Text
4. MENYETUJUI.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
Text
5. MENGESAHKAN.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
Text
6. PERNYATAAN.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
Text
7. RIWAYAT HIDUP.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
Text
8. MOTTO.pdf Download (40Kb) | Preview |
|
|
Text
9. PERSEMBAHAN.pdf Download (39Kb) | Preview |
|
|
Text
10. SANWACANA.pdf Download (54Kb) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR ISI.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
Text
12. DAFTAR TABEL.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
Text
13. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (62Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (152Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (157Kb) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (518Kb) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (293Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (54Kb) | Preview |
Abstrak
ABSTRAK Data hasil studi komparatif yang dilakukan PISA tahun 2009 menunjukkan bahwa rata-rata nilai tes literasi sains anak Indonesia masih tergolong rendah. Beberapa faktor penyebabnya adalah pembelajaran di sekolah yang cenderung berpusat pada kegiatan guru, sehingga menjadikan siswa sulit mengembangkan keterampilan berkomunikasinya, selain itu kemampuan siswa dalam menginterpretasikan data dari suatu representasi ke representasi lain masih kurang. Salah satu upaya yang dapat membantu dalam meningkatkan literasi sains siswa khususnya pada materi hukum newton adalah menumbuhkan keterampilan berkomunikasi sains mereka. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh keterampilan berkomunikasi sains menggunakan pendekatan pembelajaran Multiple Representation terhadap literasi sains siswa SMP. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 3 Bandar Lampung, menggunakan satu kelas yaitu kelas VIIIA dengan jumlah sampel 31 siswa dan menggunakan desain One-Group Pretest – Posttest. Data yang diperoleh adalah data keterampilan Putri Deryati berkomunikasi sains siswa dan data literasi sains siswa. Data kemudian diuji normalitas, linearitas, dan regresi linier sederhana untuk mengetahui pengaruh keterampilan berkomunikasi sains mengggunakan pendekatan pembelajaran Multiple Representations terhadap literasi sains siswa SMP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang linier, positif, dan signifikan antara keterampilan berkomunikasi sains menggunakan pendekatan pembelajaran Multiple Representation terhadap literasi sains siswa SMP. Kedua variabel memiliki korelasi hubungan yang kuat sebesar 0,61 dengan konstribusi 37% serta persamaan regresi yang diperoleh adalah Y’ = 3,67 + 0,78X. Kata kunci : keterampilan berkomunikasi sains, pendekatan pembelajaran Multiple Representations, dan literasi sains siswa.
Tipe Karya Ilmiah: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | A General Works = Karya Karya Umum |
Program Studi: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Farid Hambali Prihantoro, A.Md. |
Date Deposited: | 11 Dec 2014 04:20 |
Last Modified: | 11 Dec 2014 04:20 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5752 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |