PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 AMBARAWA TAHUN AJARAN 2019/2020

Ardian Fahri, 1613033038 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 AMBARAWA TAHUN AJARAN 2019/2020. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (125Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3067Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Perkembangan dunia pendidikan di era millennium menuntut guru harus mampu mengarahkan peserta didik untuk berpikir kritis, analitis, dan menyelesaikan masalah. Guru harus memilih model pembelajaran yang tepat, salah satu yang dapat digunakan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai adalah Model MeansEnds Analysis (MEA). Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) terhadap berpikir kritis dan apakah ada perbedaan pengaruh model pembelajaran Means-Ends Analysis dan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Ambarawa Tahun Ajaran 2019/2020?. Metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimental dengan desain Nonequivallent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel adalah Purposive Sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini Uji Paired Sampel T-Test dan Uji Independent Sampel T-Test. Berdasarkan analisis data yang telah peneliti lakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa: 1) Model Pembelajaran Means-Ends Analysis mempunyai pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ambarawa Tahun Ajaran 2019/2020 karena dari uji hipotesis dengan rumus Paired Sample Test yang menunjukan nilai Sig.(2-tailed) = 0.000 < 0.05. 2) Terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran sejarah. Hasil Pengujian Independent Sampel TTest pada Equal Variance Assumsed menunjukan bahwa t-hitung sebesar 6.195 dan Sig.(2-tailed) sebesar 0.000. Karena Sig.(2-tailed) 0.000 < 0.05 maka

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
900 Sejarah dan Geografi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: UPT . Dito Nipati
Date Deposited: 02 Apr 2022 22:50
Terakhir diubah: 02 Apr 2022 22:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57576

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir