ANALISIS KESULITAN PENDIDIK BIOLOGI SMA SE-KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM MELAKSANAKAN KURIKULUM 2013

INDRIYANI, 1413024043 (2019) ANALISIS KESULITAN PENDIDIK BIOLOGI SMA SE-KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM MELAKSANAKAN KURIKULUM 2013. FKIP , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (153Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL ok.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2796Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN ok.pdf

Download (2534Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan pendidik biologi SMA se-Kota Bandar Lampung dalam pelaksanaan Kurikulum 2013. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode survei. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pendidik biologi SMA se-Kota Bandar Lampung yang sudah menerapkan Kurikulum 2013. Sampel diambil 30% dari jumlah populasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidik masih mengalami kesulitan dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 pada pembelajaran Biologi yaitu pada aspek perencanaan, pelaksanaan, maupun penilaian pembelajaran. Pada aspek perencanaan pembelajaran, pendidik kesulitan dalam merumuskan indikator dan memilih materi ajar yang sesuai dengan karakteristik peserta didik. Pada aspek pelaksanaan pembelajaran, pendidik mengalami kesulitan dalam mengkondisikan kesiapan belajar peserta didik pada kegiatan apersepsi, iii membangkitkan perhatian siswa, menerapkan model pembelajaran Project Based Learning, mengaktifkan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran, dan melakukan refleksi. Pada aspek penilaian pembelajaran, pendidik mengalami kesulitan dalam menyusun soal ranah kognitif berdasarkan taksonomi Bloom revisi pada aspek mengevaluasi, melakukan aspek membentuk watak pada penilaian ranah afektif berdasarkan taksonomi Bloom revisi, dan melakukan penilaian tindakan secara alami pada ranah psikomotor berdasarkan taksonomi Bloom revisi. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesulitankesulitan tersebut yaitu pendidik sebaiknya sering melakukan diskusi dengan sesama guru dan lebih sering mengikuti pelatihan maupun sosialisasi mengenai Kurikulum 2013. Kata kunci : Kesulitan, Kurikulum 2013, pendidik biologi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Rukiah
Date Deposited: 02 Apr 2022 22:51
Terakhir diubah: 02 Apr 2022 22:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57590

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir