HUBUNGAN SELF EFFICACY BERDASARKAN GENDER DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VII SMP SE-KECAMATAN KEDATON TAHUN AJARAN 2017/2018

Isnaini Safitri, 1413024044 (2019) HUBUNGAN SELF EFFICACY BERDASARKAN GENDER DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VII SMP SE-KECAMATAN KEDATON TAHUN AJARAN 2017/2018. FKIP , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (150Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3142Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3005Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan self-efficacy antar gender, dan mengetahui hubungan self-efficacy berdasarkan gender dengan hasil belajar. Sampel penelitian adalah 50 % siswa kelas VII SMP Se-Kecamatan Kedaton Bandar Lampung, yang berjumlah 186 siswa (93 siswa laki-laki dan 93 siswa perempuan) yang dipilih secara purposive sampling. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif sederhana. Data kuantitatif dalam penelitian ini berupa skor tes hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA KD kelas VII semester ganjil dan genap. Data kualitatif berupa karakterisitik self-efficacy yang dimiliki siswa berdasarkan skala self efficacy. Analisis data untuk perbedaan self-efficacy antar gender dilakukan secara statistik menggunakan uji perbedaan independent sample t-test, dan uji korelasi Pearson untuk mengetahui hubungan antara self-efficacy berdasarkan gender dengan hasil belajar. iii Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji independent sample t-test menunjukkan nilai uji sebesar 0,167 yang berarti tidak terdapat perbedaan secara signifikan antara self efficacy siswa laki-laki dan siswa perempuan di SMP se-Kecamatan Kedaton tahun ajaran 2017/2018. Hasil uji korelasi Pearson menunjukkan nilai sig < 0,05 yang berarti terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara self efficacy dengan hasil belajar siswa, yaitu semakin tinggi self-efficacy siswa maka semakin tinggi hasil belajarnya. Hasil penelitian juga mengungkapkan tingkat keeratan antara self-efficacy berdasarkan gender dengan hasil belajar siswa adalah “rendah”. Dengan demikian self-efficacy siswa mempunyai hubungan yang tidak terlalu besar terhadap hasil belajar siswa, sehingga terdapat kemungkinan adanya factor lain yang berhubungan dengan hasil belajar siswa. Kata kunci : gender, hasil belajar, self-efficacy

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Rukiah
Date Deposited: 02 Apr 2022 22:53
Terakhir diubah: 02 Apr 2022 22:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57594

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir