HUBUNGAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PADANG CERMIN TAHUN AJARAN 2019/2020

Bagus Lianto Pratomo, 1313033016 (2019) HUBUNGAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PADANG CERMIN TAHUN AJARAN 2019/2020. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (121Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pembelajaran adalah proses belajar yang dibangun oleh guru untuk mengembangkan kreatifitas berpikir yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengonstruksi pengetahuan baru sebagai upaya meningkatkan penguasaan baik terhadap materi pelajaran. Dengan adanya berpikir kritis, siswa dapat memecahkan permasalahan pada saat belajar di dalam kelas. Cara yang dapat dilakukan agar tujuan tersebut tercapai adalah dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan keadaan siswa di kelas, yaitu menggunakan model pembelajaran Example Non Example. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Seberapa besar hubungan yang positif dan signifikan antara model pembelajaran Example non Example dengan kemampuan berpikir kritis pada aspek keterampilan analisis pada Mata Pelajaran Sejarah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Padang Cermin Tahun Ajaran 2019/2020”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Seberapa besar hubungan yang positif dan signifikan antara model pembelajaran Example non Example dengan kemampuan berpikir kritis pada aspek keterampilan analisis pada Mata Pelajaran Sejarah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Padang Cermin Tahun Ajaran 2019/2020”. Penelitian menggunakan desain penelitian Only Posttest Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Padang Cermin, sedangkan yang menjadi sampel penelitian adalah kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas Eksperimen, yang diambil menggunakan undian dengan pengambilan sampel Cluster Random Sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dengan dilakukan uji analisis data dengan rumus Eta dan Uji F. Berdasarkan analisis data secara kuantitatif dengan menggunakan rumus Eta dapat ditarik kesimpulan bahwa “ada hubungan yang positif dan signifikan antara model pembelajaran Example non Example dengan kemampuan berpikir kritis pada aspek keterampilan analisis pada Mata Pelajaran Sejarah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Padang Cermin Tahun Ajaran 2019/2020”. Terdapat pengaruh yang signifikan antara Kelas Kontrol dengan Kelas Eksperimen pada Tes 1, yaitu sebesar r = 0,638.Pada Tes 2 tidak terdapat pengaruh yaitu sebesar r = 0,313 dan pada Tes 3 Terdapat pengaruh yang signifikan antara Kelas Kontrol dengan Kelas Eksperimen yaitu sebesar r = 0,552. Kata Kunci: Hubungan, Model, Example non Example, Kemampuan Berfikir Kritis

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
900 Sejarah dan Geografi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: UPT . Dito Nipati
Date Deposited: 02 Apr 2022 22:50
Terakhir diubah: 02 Apr 2022 22:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57601

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir