HUBUNGAN SELF-EFFICACY BERDASARKAN GENDER DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII SMP SE-KECAMATAN LABUHAN RATU (Studi Dekriptif Terhadap Siswa Kelas VIII SMP Se-Kecamatan Labuhan Ratu Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019)

Istianah, 1413024046 (2019) HUBUNGAN SELF-EFFICACY BERDASARKAN GENDER DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII SMP SE-KECAMATAN LABUHAN RATU (Studi Dekriptif Terhadap Siswa Kelas VIII SMP Se-Kecamatan Labuhan Ratu Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019). FKIP , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (47Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1172Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1185Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan self-efficacy antara siswa laki-laki dan perempuan serta mendeskripsikan hubungan self-efficacy berdasarkan gender dengan hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP se-Kecamatan Labuhan Ratu. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif melalui penggambaran keadaan secara naratif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP yang ada di Kecamatan Labuhan Ratu Bandar Lampung. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang dipilih dari populasi dengan menggunakan tekhnik purposive sampling. Banyaknya sampel yang digunakan dalam penelitian ini ditentukan dengan rumus Isaac dan Michael dengan taraf kepercayaan 5%. Data penelitian berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif adalah data hasil belajar, sedangkan data kualitatif adalah data hasil skala self-efficacy. iii Data perbedaan self-efficacy antara siswa laki-laki dan perempuan serta hubungan self-efficacy berdasarkan gender dengan hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP se-Kecamatan Labuhan Ratu dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan uji Mann-Whitney dan Kendall’s Tau. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan self-efficacy antara siswa laki-laki dan perempuan. Hal ini dapat dilihat dari hasil Uji U dengan nilai sig = 0.85. Terdapat hubungan antara self-efficacy dengan hasil belajar pada siswa laki-laki dengan nilai sig = 0.037 sedangkan pada siswa perempuan nilai sig = 0.018. Berdasarkan nilai koefisien korelasi pada masing-masing gender, maka hubungan self-efficacy dan hasil belajar pada siswa laki-laki dan perempuan memiliki tingkat hubungan “rendah”. Kata kunci: gender, hasil belajar, self-efficacy

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Rukiah
Date Deposited: 02 Apr 2022 22:53
Terakhir diubah: 02 Apr 2022 22:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57608

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir