Deti Anjarwati, 1513033040 (2019) PENGARUH METODE BRAINSTORMING TERHADAP KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII MTS NU NEGARABATIN KOTAAGUNG BARAT TAHUN AJARAN 2018/2019. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (74Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2057Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1651Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan observasi pendahuluan di MTs NU Negarabatin, hanya beberapa siswa yang aktif dalam belajar pada Mata Pelajaran IPS. Salah satu cara meningkatkan keaktifan lisan siswa yaitu dengan menerapkan inovasi pembelajaran yang mampu mengembangkan kemampuan mencurahkan pendapat. Rumusan masalah penelitian ini adalah “ apakah ada pengaruh Metode Pembelajaran Brainstorming Terhadap Keaktifan Lisan Siswa Pada Mata Pelajaran IPS kelas VIII MTs NU Negarabatin Kotaagung Barat Tahun Pelajaran 2018/2019?”. Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Brainstorming terhadap keaktifan lisan siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII MTs NU Negarabatin Kotaagung Barat tahun pelajaran 2018/2019. Metode penelitian ini merupakan preeksperimental design dengan menggunakan one group pretest-postest.. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII , dengan sampel 30 siswa, pengambilan sampel menggunakan teknik Sampel jenuh. Instrumen penelitian adalah Angket dengan 22 butir pernyataan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dokumentasi dan kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan teknik analisis data kualitatif dengan menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, maka dapat di simpulkan bahwa Penggunaan metode Brainstorming berpengaruh terhadap keaktifan lisan siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII MTs NU Negarabatin Kotaagung Barat, diketahui pengaruhnya sebelum diterapkan metode Brainstorming terdapat 10 siswa yang kurang setuju ( KS ) presentase 33,3 % , 11 siswa setuju ( S ) presentase 36,6 %, dan 9 siswa sangat setuju ( SS ) presentase 30 % pada kategori kategori sedang . Selanjutnya setelah diterapkan metode Brainstorming terdapat 12 siswa setuju ( S ) presentase 40 %, dan 18 siswa yang sangat setuju ( SS ) 60 % pada kategori tinggi dalam belajar yang dilakukan oleh peneliti. Kata kunci : pengaruh, Brainstorming, keaktifan siswa
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 900 Sejarah dan Geografi |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS |
Pengguna Deposit: | UPT . Dito Nipati |
Date Deposited: | 02 Apr 2022 22:50 |
Terakhir diubah: | 02 Apr 2022 22:50 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57615 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |