PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AWETAN BASAH PADA PHYLUM MOLUSKA DAN ECHINODERMATA MELALUI MODEL INQUIRY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMAN 2 GEDONGTATAAN PESAWARAN

ISYULIANTO ANDIKA TUA SIBURIAN, 1513022453 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AWETAN BASAH PADA PHYLUM MOLUSKA DAN ECHINODERMATA MELALUI MODEL INQUIRY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMAN 2 GEDONGTATAAN PESAWARAN. FKIP , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1025Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1026Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh penggunaan media awetan basah pada Filum Moluska dan Echinodermata melalui model pembelajaran Inquiry Learning terhadap hasil belajar peserta didik. Metode penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan nonequivalent pretest-posttest control group design. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 yang berjumlah 56 dan dipilih dengan teknik Total Sampling. Jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif berupa data hasil belajar (aspek kognitif) peserta didik yang diperoleh dari pretest dan posttest serta validitas media awetan. Sementara, data kualitatif berupa hasil analisis angket tanggapan peserta didik terhadap penggunaan media awetan basah melalui model pembelajaran Inquiry Learning. Hasil belajar dianalisis dengan uji Independent Sampel t-Test dengan taraf kepercayaan 5%, sedangkan tanggapan peserta didik dianalisis secara deskriptif. iii Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media awetan basah pada Filum Moluska dan Echinodermata berbeda signifikan terhadap hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Rata-rata N-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,58, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,39. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media awetan basah pada Filum Moluska dan Echinodermata melalui model pembelajaran Inquiry Learning berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Hasil belajar, Inquiry Learning, Media awetan basah

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Rukiah
Date Deposited: 02 Apr 2022 22:53
Terakhir diubah: 02 Apr 2022 22:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57624

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir