EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENUMBUHKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS X

KEKE INKA PERMATA, 1513024005 (2019) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENUMBUHKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS X. FKIP , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (253Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3984Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3985Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Komunikasi merupakan salah satu kompetensi penting yang harus dimiliki oleh manusia abad 21. Oleh karena itu sangat penting untuk peserta didik dilatih kemampuan keterampilan komunikasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Jigsaw dalam menumbuhkan keterampilan komunikasi tertulis dan lisan peserta didik serta meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik. Penelitian ini menggunakan desain one grup pretes – postes desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 16 Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling dan didapatkan kelas X MIA 2 sebagai sampel. Data pada penelitian ini berupa data kuantitatif diperoleh dari pretes dan postes yang terdiri dari 20 soal pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar kognitif dan data kualitatif didapatkan dari self iii assessment, peer assessment,dan lembar observasi. Analisis data yang digunakan pada pretes dan postes dianalisis menggunakan perhitungan N-gain, sedangkan pada self assessment dan per assessment menggunkana skala Likert, dan lembar observasi dianalisis menggunakan skala Guttman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran tipe Jigsaw mampu menumbuhkan keterampilan komunikasi dan hasil belajar peserta didik. Kemampuan komunikasi dinyatakan efektif karena lebih dari 75% peserta didik sudah masuk dalam kategori “cukup” hingga “tinggi”. Hasil N-gain 0,64 dengan kategori “sedang” dan 91% peserta didik memiliki kemampuan keterampilan komunikasi tertulis yang “cukup” dan 93% peserta didik memiliki kemampuan komunikasi lisan dalam kategori “cukup”. Kesimpulannya model pembelajaran tipe Jigsaw efektif dalam menumbuhkan komunikasi dan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperativ Tipe Jigsaw, Keterampilan Komunikasi, Hasil Belajar Kognitif, Ekosistem.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Rukiah
Date Deposited: 02 Apr 2022 22:53
Terakhir diubah: 02 Apr 2022 22:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57637

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir