ANALISIS KESESUAIAN KOMPONEN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BERDASARKAN STANDAR PROSES PADA SMA DI KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN 2018

NOVIA ANGGRAINI, 1513034056 (2019) ANALISIS KESESUAIAN KOMPONEN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BERDASARKAN STANDAR PROSES PADA SMA DI KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN 2018. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1764Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1278Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

This study aims to determine the level of suitability of the planned components of the implementation of 2013 curriculum geography learning in SMA in Bandar Lampung City. The type of research used is descriptive method. The technique of collecting data using questionnaires and documentation. The population in this study were 66 high school Geography teachers implementing the 2013 curriculum in Bandar Lampung City, and the sample was taken by purposive sampling technique totaling 7 Geography teachers. The results show that the RPP component based on Minister of Education and Culture No. 22 of 2016 concerning Education Process Standards is included in the appropriate category. The average percentage of RPP components is in the appropriate category. Components that are in the appropriate category are subject identity, formulation of components, formulation of learning objectives, selection of teaching materials, selection of learning resources, selection of learning media, learning models, learning scenarios. Whereas the components that are in the inappropriate category are the assessment components. The ability of geography teachers in preparing learning plans based on standard processes in high schools in Bandar Lampung is included in the good category Keyword : curriculum 2013, geography learning, learning plan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesesuaian komponen rencana pelaksanaan pembelajaran geografi kurikulum 2013 pada SMA di Kota Bandar Lampung Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah 66 guru Geografi SMA pelaksanaan kurikulum 2013 di Kota Bandar Lampung, dan sampel diambil dengan teknik purposive sampling berjumlah 7 guru Geografi. Hasil penelitian menunjukan komponen RPP berdasarkan Permendikbud No 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan termasuk dalam kategori sesuai. Rata-rata persentase komponen RPP berada ada kategori sesuai. Komponen yang berada dalam kategori sesuai adalah identitas mata pelajaran, perumusan komponen, perumusan tujuan pembelajaran, pemilihan materi ajar, pemilihan sumber belajar, pemilihan media pembelajaran, model pembelajaran, skenario pembelajaran. Sedangkan komponen yang berada dalam kategori kurang sesuai adalah komponen penilaian. Kemampuan guru geografi dalam menyusun rencana pembelajaran berdasarkan stantar proses pada SMA di Kota Bandar Lampung termasuk dalam kategori baik. Kata Kunci : Kurikulum 2013, Pembelajaran Geografi, Perencanaan Pembelajaran

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 05 Apr 2022 04:54
Terakhir diubah: 05 Apr 2022 04:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57661

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir