PERENCANAAN TEKNIS REHABILITASI RUAS JALAN TIRTAYASA ( Studi Kasus Simpang Antasari - Simpang Sutami)

KUSNADI , 1115011055 (2018) PERENCANAAN TEKNIS REHABILITASI RUAS JALAN TIRTAYASA ( Studi Kasus Simpang Antasari - Simpang Sutami). FAKULTAS TEKNIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2340Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2340Kb) | Preview

Abstrak

Jalan merupakan prasarana trasportasi darat yang sangat penting untuk pertumbuhan kehidupan karena jalan adalah penghubung antara wilayah satu dengan wilayah lainnya. Dalam penggunaannya jalan selalu memikul beban berat setiap kali ada yang melintasinya sehingga rentan akan terjadinya kerusakan pada permukaan jalan dan struktur perkerasan. Salah satu upaya untuk mencegah kerusakan jalan yang lebih serius yaitu dengan cara melakukan rehabilitasi jalan seperti Patching dan tebal lapis tambah (overlay) dengan tujuan mengembalikan kekuatan perkerasan sehingga mampu memberikan pelayanan yang optimal kepada pengguna jalan. Untuk itu dibutuhkan suatu perencanaan rehabilitasi Jalan dengan baik agar mampu menahan beban lalu lintas yang melewati jalan tersebut dan memiliki umur sesuai rencana. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui tingkat kerusakan jalan pada ruas jalan Tirtayasa, Untuk mengetahui metode perbaikan yang dapat dilakukan berdasarkan tingkat kerusakannya dan Untuk mengetahui biaya yang diperlukan untuk perbaikan ruas jalan Tirtayasa. Penelitian ini diawali dengan pengumpulan data kondisi kerusakan jalan seperti kedalaman alur retak dan lubang yang dihasilkan dari survey visual. Hasil Analisa Dari kondisi jalan berdasarkan nilai SDI , untuk ruas jalan Tirtayasa sepanjang 4,8 km , dengan kondisi baik (75 %), kondisi sedang 0,4 km (6,25 %), kondisi rusak ringan 1,2 km (18,75 %), dan rusak berat 0 km (0 %), sehingga rehabilitasi yang dilakukan berupa penambalan lubang (patching) dan lapis tambah (overlay) dan hasil rangcangan anggaran biaya tebal lapis tambah (overlay) dan penambalan lubang (patching) terhadap ruas Jalan Tirtayasa dibutuhkan anggaran Rp. 3,254,555,000.00 ABSTRACT Road is an infrastructure of land transportation which is very important for the growth of life because the road is a link between one region to another. In its use, the road always carries heavy loads every time someone crosses it so that it will be vulnerable for damage to occure at the road surface and pavement structure. One effort to prevent more serious damage to the road is by conducting road rehabilitation such as patching and overlay thickness with the aim of restoring pavement strength so as to provide optimal service to road users. For this reason, a road rehabilitation plan is needed so that it is able to withstand the traffic load that passes through the road and has the as planned age. The purpose of this study was to determine the level of road damage on the Tirtayasa road section. To find out the method of improvement that can be done based on the level of damage and to find out the costs needed to repair the Tirtayasa road. This study begins with data collection and road damage conditions such as groove depth of cracks and holes resulting from visual survey. Analysis of the road conditions based on SDI values, for the Tirtayasa road along 4.8 km, with good conditions (75%), moderate conditions 0.4 km (6.25%), mildly damaged conditions 1.2 km (18, 75%), and 0 km (0%) is severely damaged, so that rehabilitation is done in the form of patching and overlay and the overlay and patching on the Road segment Tirtayasa needs a budget of Rp. 3,254,555,000.00

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi > 620 Teknik & Rekayasa
Teknologi > Rekayasa jalan raya . Jalan dan trotoar
Teknologi > Rekayasa jalan raya . Jalan dan trotoar
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi Teknik Sipil
Depositing User: 188292561 . Digilib
Date Deposited: 08 Jul 2019 04:47
Last Modified: 08 Jul 2019 04:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57670

Actions (login required)

View Item View Item