HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU GEOGRAFI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X IPS DI SMA AL AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

POPY LORENZA, 1213034060 (2019) HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU GEOGRAFI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X IPS DI SMA AL AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (155Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1430Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1043Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis hubungan antara persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru geografi dengan prestasi belajar geografi siswa kelas X IPS SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X IPS SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018 yaitu sebanyak 98 siswa. Sampel yang diperoleh sebanyak 30 siswa dengan teknik simple random sampling. Variabel dalam penelitian ini yaitu persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru geografi sebagai variabel bebas dan prestasi belajar geografi siswa sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik kuisioner, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif presentase, dan metode analisis statistik inferensial dengan korelasi product moment pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik guru geografi dengan prestasi belajar geografi siswa kelas X IPS di SMA Al-Azhar 3 Kota Bandar Lampung tahun pelajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukkan dengan hasil perhitungan koefisien korelasi yang diperoleh nilai rhitung sebesar 0, 734, diketahui bahwa rhitung lebih besar dari rtabel (0,734 > 0.3610) dan nilai koefisien korelasi (r) berada antara nilai 0 dan +1 (0 < r < +1) yang berarti ada hubungan yang positif. Serta berdasarkan hasil uji keberartian koefisien korelasi, diperoleh nilai thitung sebesar 3,893, diketahui bahwa thitung lebih besar dari ttabel atau 3,893 ≥ 1,7011 yang berarti signifikan. Kata kunci : persepsi siswa, kompetensi pedagogik, prestasi belajar This research aims to identify and analyze the relationship between students' perceptions about the geography teacher pedagogical competence and academic achievement geography class X IPS SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung in academic year 2017/2018. The method used in this research is correlation method. The population in this research were all students of Class X IPS Al-Azhar 3 Bandar Lampung High School in academic year 2017/2018 as many as 98 students. The sample obtained was 30 students with a simple random sampling technique. The variables in this research are the students 'perceptions of the geography teacher's pedagogical competencies as independent variables and students' geography learning achievement as the dependent variable. The method of data collection is done by questionnaire, interview and documentation techniques. The data analysis method used is descriptive statistical analysis of percentages, and inferential statistical analysis methods with product moment Pearson correlation. The results showed that there are positive and significant relationship between geography teacher pedagogical competence and academic achievement geography class X IPS in SMA Al�Azhar 3 Bandar Lampung in academic year 2017/2018. This is shown by the calculation of correlation coefficients obtained rhitung value of 0, 734, it is known that rhitung greater than rtabel (0.734> 0.3610) and the value of the correlation coefficient (r) were between the values 0 and +1 (0 <r <+1 ) which means there is a positive relationship. And based on the results of the significance test of the correlation coefficient, the value of tcount is 3.893, it is known that tcount is greater than t table or 3.893 11 1.7011 which means significant. Keywords: student perception, pedagogic competence, learning achievement.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 05 Apr 2022 04:54
Terakhir diubah: 05 Apr 2022 04:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57672

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir