PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SEJARAH DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE DAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECKS PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 SUMBEREJO KABUPATEN TANGGAMUS TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Eva Mayana, 1413033022 (2019) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SEJARAH DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE DAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECKS PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 SUMBEREJO KABUPATEN TANGGAMUS TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2780Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2253Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Melihat hasil belajar yang belum optimal, maka perubahan dalam proses pembelajaran yang menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan seharusnya mulai diterapkan disekolah. Upaya yang dapat dilakukan guru untuk menciptakan proses pembelajaran tersebut adalah dengan mengubah model pembelajaran yaitu dengan model pembelajaran kooperatif. Dengan menggunakan model pembelajaran take and give dan model pembelajaran pair checks diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada perbedaan hasil belajar sejarah yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran take and give dengan model pembelajaran pair checks pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Sumberejo? Tujuannya yaitu untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar sejarah yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran take and give dengan model pembelajaran pair checks pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sumberejo. Metode yang digunakan adalah metode penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sumberejo tahun ajaran 2018/2019. Sampel berjumlah 68 siswa, pengambilan sampel menggunakan random sampling. Teknik analisis data metode statistika menggunakan uji-t. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa ada perbedaan hasil belajar sejarah antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran take and give dengan model pembelajaran pair checks. Rata-rata hasil belajar sejarah yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran take and give lebih tinggi dibandingkan dengan yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaranya pair checks dengan diperoleh rata-rata hasil belajar kelas eksperimen model pembelajaran take and give sebesar 78,71 sedangkan kelas perbandingannya dengan model pembelajaran pair checks sebesar 76,09. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model pembelajaran Take And Give, Model pembelajaran Pair Checks

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
900 Sejarah dan Geografi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: UPT . Dito Nipati
Date Deposited: 05 Apr 2022 03:20
Terakhir diubah: 05 Apr 2022 03:20
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57713

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir