HUBUNGAN DISIPLIN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SEKINCAU TAHUN AJARAN 2017/2018

Fuji Salimah, 1343033003 (2019) HUBUNGAN DISIPLIN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SEKINCAU TAHUN AJARAN 2017/2018. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (112Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2877Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2170Kb) | Preview

Abstrak

Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi proses belajar, salah satunya faktor disiplin, disiplin dapat mempengaruhi hasil belajar karena disiplin adalah suatu tata tertib yang dapat mengatur tatanan kehidupan pribadi dan kelompok. Rumusan masalah dalam penelitian ini, Apakah Ada hubungan yang signifikan antara disiplin siswa dengan hasil belajar Sejarah siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sekincau Tahun Ajaran 2017/2018?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara disiplin siswa dengan hasil belajar Sejarah siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sekincau Tahun Ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan adalah metode survei. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara, dokumentasi dan kepustakaan. Data disiplin siswa diperoleh dari hasil dokumen dan data hasil belajar didapat dari hasil Ulangan Tengah Semester Tahun 2017/2018. Berdasarkan analisis data penelitian diketahui siswa yang disiplinnya tinggi terdapat 34 siswa hasil belajarnya tinggi dan siswa yang disiplinnya rendah terdapat 51 siswa hasil belajarnya kurang atau rendah. Diketahui koefisien korelasi terdapat hubungan yang rendah karena dari 85 sampel banyak siswa yang tidak disiplin, peneliti menggunakan taraf signifikan 5 menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara Disiplin Siswa dengan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sekincau Tahun Ajaran 2017/2018. Kata kunci: Hubungan, Disiplin Siswa, Hasil Belajar

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
900 Sejarah dan Geografi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: UPT . Dito Nipati
Date Deposited: 05 Apr 2022 03:19
Terakhir diubah: 05 Apr 2022 03:19
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57715

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir