ABDURAHMAN WAHID AL-AFGANI, 1417051003 (2019) APLIKASI PENGENALAN TOKOH PAHLAWAN NASIONAL PADA UANG KERTAS INDONESIA MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID. FAKULTAS MIPA, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (1689Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1688Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1689Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Rupiah banknotes contain images of Indonesian national patriot figures. This was intended to introduce those national heroes to the public, but this doesn’t fully provided complete information about the history and profile of the Hero Figures. Most people are still lazy to find more information about matters related to history. Application for the Recognition of National Patriot Figures has been developed using Augmented Reality technology. This application was developed using Unity3D software and a library from Vuforia SDK, with the 3D Marker Based method. The marker applied to this application is a picture of 2016 rupiah banknotes and information that will be displayed is a biographical videos and history of the National Patriots. The application is executed by directing the camera of the Android smartphone to the patriot images on the rupiah banknotes, then the application will displaying complete information about the history and profile of the National Patriot Figures on the banknote, thus increasing public interest in the history of patriots. Keywords : augmented reality, national patriots, banknotes, android Uang kertas rupiah memuat gambar dari Tokoh Pahlawan Nasional Indonesia. Hal ini ditujukan untuk memperkenalkan Tokoh Pahlawan tersebut kepada masyarakat, tetapi hal tersebut tidak sepenuhnya memberikan informasi yang lengkap tentang sejarah dan profil dari Tokoh Pahlawan tersebut. Masyarakat kebanyakan masih malas untuk mencari informasi lebih lanjut tentang hal-hal yang berhubungan dengan sejarah. Aplikasi Pengenalan Tokoh Pahlawan Nasional telah dikembangkan menggunakan teknologi Augmented Reality. Pembuatan aplikasi ini menggunakan software Unity3d dan library dari Vuforia SDK, dengan metode 3D Marker Based. Marker yang diterapkan pada aplikasi ini adalah gambar uang kertas rupiah tahun 2016 dan informasi yang akan ditampilkan berbentuk video biografi dan sejarah Pahlawan Nasional. Aplikasi dijalankan dengan cara mengarahkan kamera smartphone Android ke gambar pahlawan pada uang kertas rupiah, lalu aplikasi akan menampilkan informasi lengkap tentang sejarah dan profil Tokoh Pahlawan Nasional pada uang kertas tersebut, dengan demikian minat masyarakat terhadap sejarah pahlawan dapat meningkat. Kata kunci : augmented reality, pahlawan nasional, uang kertas, android.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum > 005 Pemrograman komputer, program dan data |
Program Studi: | FAKULTAS MIPA > Prodi Ilmu Komputer |
Pengguna Deposit: | UPT Anita Ekarini |
Date Deposited: | 06 Apr 2022 03:18 |
Terakhir diubah: | 06 Apr 2022 03:18 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57753 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |