PENGARUH MODEL ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY (ADI) PADA PEMBELAJARAN SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MTs NEGERI DI KOTA BANDAR LAMPUNG BERKEMAMPUAN AKADEMIK BERBEDA

PUPUT AGUSTIN PERTIWI, 1413024062 (2019) PENGARUH MODEL ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY (ADI) PADA PEMBELAJARAN SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MTs NEGERI DI KOTA BANDAR LAMPUNG BERKEMAMPUAN AKADEMIK BERBEDA. FKIP , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (103Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1956Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1812Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Untuk mempersiapkan generasi yang mampu menghadapi tantangan global, perlu dikembangkan kecakapan-kecakapan hidup pada peserta didik. Salah satu kecakapan hidup (life skill) yang perlu dikembangkan melalui proses pendidikan adalah keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh dari penggunaan model pembelajaran ADI, kemampuan akademik peserta didik, dan interaksi antara model pembelajaran ADI dengan kemampuan akademik terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VIII di salah satu MTs Negeri di Kota Bandar Lampung yang berjumlah 286 peserta didik. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VIII D dan VIII E yang dipilih dari populasi dengan teknik cluster random sampling. Metode penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan Pretest Postest Non Equivalent Control Group Design. Jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif berupa nilai keterampilan berpikir kritis iii peserta didik yang diperoleh dari hasil pretes dan postes. Sementara, data kualitatif berupa hasil observasi keterlaksanaan sintaks pembelajaran dan hasil analisis angket tanggapan peserta didik terhadap penggunaan model pembelajaran ADI. Data kuantitatif dalam penelitian ini dianalisis secara statistik dengan uji Ankova dan uji Beda Nyata Terkecil (BNT) pada taraf nyata 5% masing-masing pada taraf nyata 5%. Uji prasyarat Ankova berupa uji normalitas menggunakan One-Sample Kolmogrof Smirnov Test dan uji homogenitas menggunakan Levene’s Test of Equality of Error Variances dari postes. Data keterlaksanaan sintaks pembelajaran model ADI dan konvensional serta data tanggapan peserta didik dianalisis secara deskriptif dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran ADI berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan nilai signifikansi 0,001 (p < 0,05). Keterampilan berpikir kritis peserta didik yang belajar dengan model ADI (74,17 ± 8,03) lebih tinggi dibandingkan peserta didik yang belajar dengan model konvensional (65,63 ± 7,70). Kemampuan akademik berpengaruh signifikan terhadap pencapaian keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan angka signifikansi 0,000 (p < 0,05). Keterampilan berpikir kritis peserta didik berkemampuan akademik bawah (60,21 ± 8,07) lebih tinggi dibandingkan peserta didik berkemampuan akademik atas (47,50 ± 6,50). Hasil penelitian ini juga menyatakan bahwa interaksi antara model pembelajaran ADI dengan kemampuan akademik tidak memberikan signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan angka signifikansi 0,251 (p > 0,05). Hasil analisis keterlaksanaan sintaks model pembelajaran ADI iv menunjukkan bahwa “hampir seluruh kegiatan terlaksana” dengan Persentase Keterlaksanaan Sintaks (PKS) sebesar 75 ≤ PKS ≤ 100. Hasil analisis tanggapan peserta didik terhadap pembelajaran sistem peredaran darah pada manusia dengan model ADI memiliki persentase tanggapan yang lebih tinggi dibandingkan pembelajaran dengan model konvensional. Kata Kunci: Argument-Driven Inquiry (ADI), keterampilan berpikir kritis, kemampuan akademik.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Rukiah
Date Deposited: 05 Apr 2022 03:20
Terakhir diubah: 05 Apr 2022 03:20
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57777

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir