INTERAKSI SOSIAL ANTAR SISWA BEDA BUDAYA DI SMP YAYASAN PENDIDIKAN PADANG CERMIN TA 2018/2019

Iqlima Zahrah L. T, 1513033046 (2019) INTERAKSI SOSIAL ANTAR SISWA BEDA BUDAYA DI SMP YAYASAN PENDIDIKAN PADANG CERMIN TA 2018/2019. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (108Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2907Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2876Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masing-masing siswa memiliki identitas budaya beragam di SMP Yayasan Pendidikan Padang Cermin. siswa tentu memiliki cara-cara tersendiri dalam berinteraksi. Seperti halnya dalam menjalankan kehidupan sosialnya, siswa senantiasa saling berinteraksi satu sama lain, baik dalam bentuk kerja sama antar siswa untuk mencapai beberapa tujuan bersama dengan begitu siswa secara tidak langsung saling berinteraksi dan melakukan proses interaksi sosial. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah proses dan apa sajakah faktor yang mempengaruhi interaksi sosial antar siswa beda budaya di SMP Yayasan Pendidikan Padang Cermin TA 2018/2019. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah mengetahui proses dan faktor yang mempengaruhi interaksi sosial antar siswa beda budaya di SMP Yayasan Pendidikan Padang Cermin TA 2018/2019. Metode yang digunakan adalah deskriptif, penarikan informan dilakukan secara purposive sampling, dan diperoleh sebanyak 15 siswa sebagai informan dengan kriteria. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukan bahwa bentuk proses interaksi sosial antar siswa beda budaya di SMP Yayasan Pendidikan Padang Cermin yaitu a). proses asosiasif berupa kerja sama gotong royong membersihkan lingkungan sekolah setiap hari jum’at, kerja sama diskusi kelompok kecil membahas tentang pelajaran dan adanya kesadaran siswa akan tidak baiknya saling mengejek budaya teman. b). proses disosiasif berupa konflik perbedaan pendapat antar siswa. Faktor yang mempengaruhi interaksi sosial terdapat faktor umur siswa lebih cenderung berinteraksi dengan teman sebayanya, faktor kepribadian ekstrovet siswa senang bergaul dan aktif di sekolah tidak malu-malu saat mengungkapkan pendapat, faktor jenis kelamin siswa laki-laki cenderung menghindari siswi perempuan saat berinteraksi dan faktor interaksi orang tua siswa yang memiliki latar belakang interaksi yang baik dengan orang tua adalah siswa yang cenderung senang berinteraksi dan melakukan aktivitas sosial dengan baik di sekolah. Kata Kunci: Budaya, Interaksi Sosial, dan Siswa.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 900 Sejarah dan Geografi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 06 Apr 2022 03:18
Terakhir diubah: 06 Apr 2022 03:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57787

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir