PENGARUH FULL DAY SCHOOL TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMP NEGERI 3 RAMAN UTARA LAMPUNG TIMUR TAHUN AJARAN 2018/2019

KEMALAWATI, 1513033013 (2019) PENGARUH FULL DAY SCHOOL TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMP NEGERI 3 RAMAN UTARA LAMPUNG TIMUR TAHUN AJARAN 2018/2019. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (70Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1467Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1378Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Maraknya kenakalan remaja di era globalisasi ini mengharuskan semua pihak mencari solusi terbaik guna membentuk karakter penerus bangsa. Hadirnya full day school diharapkan mampu memberikan penguatan pendidikan karakter peserta didik yang kini sudah luntur melalui kegiatan-kegiatan positif yang dilalui peserta didik selama seharian penuh berada disekolah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana pelaksanaan full day school membentuk karakter nilai religius kepada siswa di SMPN 3 Raman Utara Lampung Timur tahun ajaran 2018/2019? dan bagaimana pengaruh full day school terhadap karakter nilai religius siswa di SMPN 3 Raman Utara Lampung Timur tahun ajaran 2018/2019?”. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan full day school dalam membentuk karakter nilai religius kepada siswa di SMPN 3 Raman Utara Lampung Timur tahun ajaran 2018/2019 dan bagaimana pengaruh full day school terhadap karakter nilai religius siswa di SMPN 3 Raman Utara Lampung Timur tahun ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, penulis mengambil kesimpulan bahwa pelaksanaan full day school dalam membentuk karakter nilai religius siswa terwujud dalam 4 bentuk kegiatan: melaksanakan ibadah bersama, memberikan ceramah kepada siswa sebelum melaksanakan sholat, membaca surat-surat pendek atau sholawatan sebelum melakukan kegiatan belajar mengajar serta, mengajarkan siswa untuk membiasakan diri bersalaman kepada guru, orangtua maupun orang yang lebih tua serta bertegur sapa dengan sesama teman, sedangkan pengaruh full day school terhadap karakter nilai religius siswa di SMPN 3 Raman Utara Lampung tahun ajaran 2018/2019 dapat dikatakan berpengaruh baik, karena pelaksanaan yang sudah baik menghasilkan pengaruh yang baik pula ke dalam diri siswa sehingga siswa memiliki karakter religius yang baik. Kata Kunci : Full Day School, Karakter, Pengaruh

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 900 Sejarah dan Geografi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 06 Apr 2022 03:32
Terakhir diubah: 06 Apr 2022 03:32
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57798

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir