EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri 2 Tanggamus Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019)

Ratu Farisa Patonah, 1513021065 (2019) EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri 2 Tanggamus Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019). FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1123Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1050Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas model discovery learning ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Tanggamus tahun pelajaran 2018/2019 yang terdistribusi dalam enam kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII E dan VIII F yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes yang berbentuk soal uraian dengan materi lingkaran. Analisis data penelitian ini menggunakan uji proporsi dan uji t. Hasil penelitian dan pembahasan menunjuk- kan bahwa model discovery learning tidak efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Meskipun demikian, kegiatan siswa dalam menyelesaikan LKPD melalui tahapan model discovery learning mampu mem- fasilitasi siswa untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 340 Ilmu hukum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 05 Apr 2022 05:07
Terakhir diubah: 05 Apr 2022 05:07
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57803

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir