DESKRIPSI PERCAKAPAN KRITIS MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN SOCRATES SAINTIFIK (Penelitian Kualitatif pada Siswa Kelas VII-D MTs Negeri 2 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019)

RETNO CAHYANI, 15130210201 (2019) DESKRIPSI PERCAKAPAN KRITIS MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN SOCRATES SAINTIFIK (Penelitian Kualitatif pada Siswa Kelas VII-D MTs Negeri 2 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019). FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1279Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1279Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan percakapan kritis matematis siswa dalam pembelajaran Socrates saintifik. Subjek penelitian ini adalah 9 siswa kelas VII-D MTs Negeri 2 Bandar Lampung tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 3 siswa berkemampuan matematis tinggi, sedang, dan rendah. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dilakukan analisis data melalui tiga tahapan yang mengacu pada model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh simpulan bahwa: (1) percakapan kritis matematis siswa yang terjadi dalam pembelajaran Socrates saintifik lebih dominan memunculkan indikator kemampuan berpikir kritis siswa yaitu interpretasi dan analisis, (2) percakapan kritis matematis siswa lebih sering muncul saat guru mengajukan pertanyaan Socrates tipe klarifikasi dan alasan- alasan dan bukti penyelidikan, (3) percakapan kritis matematis siswa lebih dominan muncul saat siswa melakukan tahapan saintifik yaitu menalar dan Retno Cahyani mengomunikasikan, (4) percakapan kritis matematis siswa paling banyak muncul ketika pembelajaran Socrates saintifik disandingkan dengan permainan. Kata kunci: metode Socrates, pendekatan saintifik, percakapan kritis matematis

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 340 Ilmu hukum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 05 Apr 2022 05:07
Terakhir diubah: 05 Apr 2022 05:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57814

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir