Sarvia Trisniati, 1013024060 (2014) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Kerjasama dan Hasil Belajar. FKIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
1 Abstrak.pdf Download (159Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2 Cover_Dalam.pdf Download (26Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3 Persetujuan.pdf Download (513Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4 Pengesahan.pdf Download (468Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5 Pernyataan.pdf Download (386Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6 Riwayat Hidup.pdf Download (100Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7 Persembahan.pdf Download (48Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8 Moto.pdf Download (87Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9 San wacana.pdf Download (72Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10 Daftar Isi.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11 Daftar Tabel.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
12 Daftar Gambar.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab 1.pdf Download (187Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab 2.pdf Download (287Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab 3.pdf Download (337Kb) | Preview |
|
File PDF
Bab 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (437Kb) |
||
|
File PDF
Bab 5.pdf Download (95Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Pustaka.pdf Download (95Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Hasil observasi di SMA Negeri 1 Bangunrejo Lampung Tengah menunjukkan bahwa kemampuan kerjasama dan hasil belajar siswa masih rendah. Oleh karena itu, perlu kegiatan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan kerjasama dan hasil belajar siswa. Salah satunya dengan menggunakan model Jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Jigsaw dalam meningkatkan kemampuan kerjasama dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan studi eksperimen dengan desain pretes-postes kelompok non-ekuivalen. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA3 dan XI IPA2 yang dipilih secara purposive sampling. Data penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kualitatif berupa rata-rata skor kemampuan kerjasama siswa yang diperoleh dari hasil observasi pada tiap pertemuan kemudian dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretest, posttest dan N-gain pada materi Sistem Pertahanan Tubuh kemudian dianalisis secara statistik dengan menggunakan uji-t dan uji U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Jigsaw dapat meningkatkan kemampuan kerjasama siswa dengan rata-rata berkriteria baik yaitu 75,00. Siswa menunjukkan tingkat kontribusi dengan kriteria “cukup” (67,58 ± 0,00) dengan ikut menyampaikan pendapatnya ketika proses diskusi. Siswa menunjukkan kemampuan pemecahan masalah (problem solving) berkriteria “cukup” (68,37 ± 1,66) dengan berusaha aktif mencari solusi untuki setiap masalah dalam proses diskusi. Siswa menunjukkan sikap (attitude) dengan kriteria “baik” (83,60 ± 4,42) dengan tidak memberikan kritik yang negatif terhadap pendapat yang disampaikan oleh anggota yang lain. Siswa menunjukkan tingkat fokus pada tugas (focus on the task) dengan kriteria “baik” (81,84 ± 0,28) sehingga siswa dapat memahami tugas yang diberikan. Siswa menunjukkan kemampuan bekerja dengan yang lain (working with others) dengan kriteria “cukup” (73,64 ± 1,38) dengan mendengarkan dan mempertimbangkan pendapat anggota lain serta tidak mengambil alih proses diskusi. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan, dengan rata-rata nilai N-gain (60,43± 14,57) dengan kriteria sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Jigsaw berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan kerjasama dan hasil belajar siswa pada materi Sistem Pertahanan Tubuh Manusia. Kata kunci : hasil belajar siswa, kemampuan kerjasama siswa, model Jigsaw, sistem pertahanan tubuh manusia
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 5262769 . Digilib |
Date Deposited: | 15 Dec 2014 04:32 |
Terakhir diubah: | 15 Dec 2014 04:32 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5785 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |