PENGARUH MODEL SURVEY-QUESTION-READ-RECITE-REVIEW (SQ3R) TERHADAP KETERAMPILAN SISWA MENYIMPULKAN MATERI PELAJARAN SEJARAH TENTANG KERAJAAN-KERAJAAN ISLAM DI INDONESIA KELAS X SMA YP UNILA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Meggi Trihandini, 1013033013 (2014) PENGARUH MODEL SURVEY-QUESTION-READ-RECITE-REVIEW (SQ3R) TERHADAP KETERAMPILAN SISWA MENYIMPULKAN MATERI PELAJARAN SEJARAH TENTANG KERAJAAN-KERAJAAN ISLAM DI INDONESIA KELAS X SMA YP UNILA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (98Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (170Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (153Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (90Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (38Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (92Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (47Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (107Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (189Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (195Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (773Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (39Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Dalam proses belajar mengajar saat ini, guru masih mendominasi dalam pembelajaran dikelas membuat kebebasan siswa berkurang untuk mengembangkan potensi dirinya, membatasi dan menekan aktivitas siswa. Oleh karena itu, guru perlu menerapkan model Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) yang berpusat kepada siswa yang memfasilitasi siswa aktif dalam proses pembelajaran untuk mengembangkan potensi dirinya, menempatkan siswa sebagai subjek yang bertanggungjawab atas proses pembelajaran. Siswa sebagai pelaku proses pembelajaran mengamati isi bacaan, membuat pertanyaan, membaca, mengutarakan isi bacaan dan mengevaluasi isi bacaan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh yang signifikan dan sejauhmana signifikan pengaruh model Survey, Question, Read, Recite, Review SQ3R terhadap keterampilan siswa menyimpulkan materi pelajaran sejarah tentang kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia kelas X SMA Yayasan Pembina Unila tahun pelajaran 2013/2014?”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pra-eksperimen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dan sejauhmana pengaruh yang signifikan pada model Survey, Question, Read, Recite, Review SQ3R terhadap keterampilan siswa menyimpulkan materi pelajaran sejarah tentang kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia kelas X SMA Yayasan Pembina Unila tahun pelajaran 2013/2014?. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X ISOS SMA YP Unila tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 157 orang. Sampel diambil menggunakan teknik Sampling Purposive dengan pertimbangan nilai mid semester siswa dan terpilih kelas X ISOS 1 yang berjumlah 38 orang siswa. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one-shot case study. Setelah siswa diberikan pembelajaran model Survey, Question, Read, Recite, Review SQ3R yang diakhiri posttest dalam pembelajaran, didapatkan hasil posttest kedua lebih tinggi yaitu 2670 dari pada posttest pertama yaitu 2610. Setelah dilakukan analisis data berdasarkan hasil uji t menggunakan SPSS 16 diperoleh thitung sebesar 13,023 > ttabel sebesar 2,024 dan probabilitas (sig.) ternyata 0,000 < 0,05 hal ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima yang menyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) terhadap keterampilan siswa menyimpulkan mata pelajaran sejarah tentang kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia kelas X SMA Yayasan Pembina Unila tahun pelajaran 2013/2014. Berdasarkan hasil uji regresi menggunakan SPSS 16 diperoleh taraf signifikan dalam kolom R yaitu 0,908 dengan kadar determinasi atau seberapa besar pengaruhnya dalam kolom Adjusted Square adalah 0,820 sehingga dapat disimpulkan bahwa dari tabel taraf signifikasi termasuk kategori sangat kuat, hal ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima yang menyatakan taraf signifikan dari pengaruh penggunaan model Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) sangat kuat terhadap keterampilan siswa menyimpulkan mata pelajaran sejarah tentang kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia kelas X SMA Yayasan Pembina Unila tahun pelajaran 2013/2014.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Depositing User: 7603304 . Digilib
Date Deposited: 15 Dec 2014 02:34
Last Modified: 15 Dec 2014 02:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5787

Actions (login required)

View Item View Item