ANALISIS KINERJA DAN TINGKAT KEPENTINGAN ATRIBUT PRODUK SERTA KEPUASAN KONSUMEN PADA PIE PISANG YA

ARIEF KUSHENDRA , 1214051011 (2019) ANALISIS KINERJA DAN TINGKAT KEPENTINGAN ATRIBUT PRODUK SERTA KEPUASAN KONSUMEN PADA PIE PISANG YA. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1083Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1084Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengkaji karaktersistik konsumen yang membeli pie pisang YA serta mengetahui tingkat kepentingan dan kinerja atribut-atribut yang mempengaruhi kepuasan konsumen terhadap produk pie pisang YA. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei kepuasan konsumen terhadap 91 orang melalui pengisian kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif, analisis Importance Performance Analysis dan analisis Customer Satisfaction Index. Berdasarkan hasil survei mayoritas konsumen adalah wanita dengan rentang usia 15-25 tahun. Alasan konsumen membeli pie pisang YA adalah rasa produk yang khas. Sumber informasi konsumendiperoleh dari teman. Biasanya konsumen melakukan pada hari libur. Selain itu konsumen menginginkan adanya varian rasa baru sebgai bentuk promosi dari pie pisang YA. Konsumen merasa puas dengan Arief Kushendra pie pisang YA dan berniat untuk melakukan pembelian kembali serta merekomendasikan pie pisang YA kepada orang lain. Selain itu, konsumen menyukai produk pie pisang YA dengan rasa coklat Hasil analisis Importance Performance Analysis memperlihatkan tidak ada konsumen yang menyatakan atribut pie pisang YA sebagai priorotas utama yang dianggap penting, namun para konsumen menganggap kinerja atribut yang terdapat pada produk pie pisang YA sudah sesuai.. Kinerja atribut yang sesuai dengan kepentingan konsumen adalah kekhasan rasa, variasi rasa, merk, kemasan, lokasi, kebersihan produk dan kebersihan tempat. Atribut yang memiliki kinerja rendah adalah harga, media iklan & promosi, ketersediaan produk dan tanggapan terhadap keluhan. Atribut yang memiliki tingkat kinerja berlebihan namun tidak dinilai terlalu penting oleh konsumen adalah kecepatan pelayanan dan sikap pramusaji. Nilai analisis Customer Satisfaction Index adalah sebesar 79,96% yang menunjukkan bahwa konsumen pie pisang YA merasa puas. Kata kunci : pie pisang, kinerja dan kepentingan atribut, indeks kepuasan ABSTRACT This research aims to identify and examine the consumer charactersistics that buy YA banana pie as well as know the level of importance and performance of attributes that affect the consumer satisfaction of the YA banana pie products. The research was conducted by a method of consumer satisfaction survey of 91 people through the filling questionnaire. The Data obtained is analyzed using descriptive analysis, Importance Performance analysis Analysis and Customer Satisfaction Index analysis. Based on the results of the majority of consumers are women with an age range of 15-25 years. The reason consumers buy YAbanana pie is a typical product flavor. Source of information from friends. Usually consumers do on holidays. In addition, consumers want a new variant flavor as a form of promotion of the YA banana pie. Consumers are satisfied with YA banana pie and intend to make the Arief Kushendra purchase back as well as recommend the YA banana pie to others. In addition, consumers love YA banana pie products with chocolate flavor The results of the analysis of Importance Performance Analysis showed no consumers who stated the attributes of the YA banana pie as the main priorotas that are considered important, but the consumers consider the performance of the attributes contained in the product YAbanana pie already Appropriate.. The performance of the attributes that suit the consumer's interests is the specificity, variation of taste, brand, packaging, location, cleanliness of the product and cleanliness of the place. Low performance attributes are pricing, ad media & promotions, product availability and complaints. Attributes that have excessive performance levels but are not assessed too important by consumers are the speed of service and the waiter's attitude. The value of Customer Satisfaction Index analysis is 79.96% indicating that consumers of YA banana pie are satisfied. Keywords : banana pie, performance and attribute interests, satisfaction Index

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi
600 Teknologi > 630 Pertanian
Program Studi: Fakultas Pertanian > Prodi Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: 188370776 . Digilib
Date Deposited: 24 Jul 2019 07:37
Last Modified: 24 Jul 2019 07:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57880

Actions (login required)

View Item View Item