PEMBELAJARAN TARI BEDAYO TULANG BAWANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMOSTRASI DI SMP NEGERI 16 BANDAR LAMPUNG

ERA ARYANI SASIWI, 0913043022 (2013) PEMBELAJARAN TARI BEDAYO TULANG BAWANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMOSTRASI DI SMP NEGERI 16 BANDAR LAMPUNG. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (89Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (126Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (65Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN SKRIPSI MAHASISWA.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (104Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTTO.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSEMBAHAN.pdf

Download (158Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (77Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (102Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR DAN DIAGRAM.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (170Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1177Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (181Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1438Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (89Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Hal yang diungkap dalam penelitian ini adalah pembelajaran tari Bedayo Tulang Bawang dengan menggunakan metode demonstrasi di SMP Negeri 16 Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran tari Bedayo Tulang Bawang dengan menggunakan metode demonstrasi pada ekstrakurikuller tari di SMP Negeri 16 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII ekstrakurikuller tari di SMP Negeri 16 Bandar Lampung yang berjumlah 11 siswa. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi berperan serta (partisipasi), wawancara, dokumentasi, dan tes praktik. Metode demostrasi diterapkan pada pembelajaran tari Bedayo Tulang Bawang dari pertemuan awal hingga pertemuan akhir. Metode demonstrasi merupakan metode yang tepat pada pembelajaran tari Bedayo Tulang Bawang karena metode ini dapat mempermudah guru untuk menjelaskan dan mempraktikkan suatu gerak agar dapat dimengerti oleh siswanya dengan siswa dapat langsung meniru dan mengikuti yang dipraktikkan oleh guru. Hasil pembelajaran tari Bedayo Tulang Bawang dengan menggunakan metode demonstrasi menunjukkan bahwa siswa rata-rata sudah mampu memeragakan tari Bedayo Tulang Bawang dengan cukup baik sesuai dengan yang telah diajarkan. Penilaian diberikan melalui tiga aspek yaitu kemampuan gerak, ketepatan gerak dengan iringan dan ekspresi saat menari. ABSTRACT It is revealed in this study is learning dance Bedayo Tulang Bawang using SMP Negeri 16 demonstration in Bandar Lampung. This study aimed to describe the dance lessons Bedayo Tulang Bawang using ekstrakurikuller dance demonstration at Junior High School 16 in Bandar Lampung. This research uses descriptive qualitative method. Sources of data in this study were students of class VII ekstrakurikuller dance at Junior High School 16, Bandar Lampung, amounting to 11 students. The technique used to collect the data were observation participate (participation), interviews, documentation, and testing practices. Method applied to the study of dance demonstrations Bedayo Tulang Bawang from the initial meeting to the final meeting. Demonstration method is an appropriate method to study dance Bedayo Tulang Bawang because this method can facilitate the teacher to explain and practice a motion that can be understood by the student and the student can directly imitate and follow that practiced by the teacher. Learning outcomes Bedayo Tulang Bawang dance using the demonstration showed that the average student is able to demonstrate Bedayo Tulang Bawang dance pretty well according to you have been taught. Assessment is given through three aspects of mobility, accuracy and expression motion with accompaniment while dancing.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 12 Dec 2014 09:17
Last Modified: 12 Dec 2014 09:17
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5790

Actions (login required)

View Item View Item