PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY (ADI) TERHADAP KESADARAN METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMP IT PERMATA BUNDA PADA MATERI POKOK SISTEM PERNAPASAN

UJI YOGA PRASTIO, 1513024082 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY (ADI) TERHADAP KESADARAN METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMP IT PERMATA BUNDA PADA MATERI POKOK SISTEM PERNAPASAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (146Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3615Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3617Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Kesadaran metakognisi berhubungan dengan hasil belajar kognitif siswa. Pemberdayaan metakognisi akan berdampak kepada meningkatnya hasil belajar kognitif. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan kesadaran metakognisi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran Argument-Driven Inquiry (ADI) terhadap kesadaran metakognisi dan hasil belajar kognitif siswa SMP IT Permata Bunda pada materi pokok sistem pernapasan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP IT Permata Bunda dengan jumlah 59 siswa. Sampel berjumlah 2 kelas dicuplik dari populasi dengan teknik sampling jenuh. Penelitian eksperimen semu ini menggunakan desain Pretest-Posttest Kelompok Kontrol Non-ekuivalen. Data kesadaran metakognisi diperoleh dari kuesioner dan data hasil belajar kognitif dari pretest dan posttest. iii Kedua data dianalisis dengan Ancova dan uji Beda Nyata Terkecil (BNT) pada taraf nyata 5 %. Data keterlaksanaan sintaks pembelajaran dan tanggapan siswa diperoleh dari kuesioner dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model ADI terhadap kesadaran metakognisi dan hasil belajar kognitif siswa. Selisish rerata nilai kesadaran metakognisi pada siswa yang belajar dengan model ADI lebih tinggi 51,11 % dari model konvensional. Selisih rerata nilai hasil belajar kognitif pada siswa yang belajar dengan model ADI menunjukan hasil yang lebih tinggi 37,04 % dibandingkan dengan model konvensional. Kata Kunci: Argument-Driven Inquiry (ADI), hasil belajar kognitif, kesadaran metakognisi.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Rukiah
Date Deposited: 11 Apr 2022 04:10
Terakhir diubah: 11 Apr 2022 04:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57920

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir